• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Polda Sulawesi Tengah Turunkan Helikopter Jemput Surat Suara di TPS Dusun Watu Bamba. Begini Penjelasan Kapolres Morowali Utara

    Redaksi
    Sabtu, 17 Februari 2024, 16:59 WIB Last Updated 2024-02-17T09:59:54Z
    -
    -



    Morowali Utara | BNRI NEWS 

    Dari 443 tempat pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Morowali Utara, TPS 5 Watu Bamba, Desa Taronggo, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara. Menjadi TPS  dengan medan cukup sulit di jangkau, pasalnya TPS 5 tersebut berjarak 70 Km dari kota Kecamatan Bungku Utara dan hanya dapat di lalui dengan berjalan kaki selam 3 hari 3 malam.

    Situasi ini membuat pendistribusian Kotak Surat Suara  harus dengan susah payah, mereka  jalan kaki menempuh jarak 70 Km selama tiga hari tiga malam dengan melintasi gunung, tebing dan bebatuan menyusuri delapan sungai besar dan belasan anak sungai di tambah lagi cuaca hujan.

    Hal tersebut membuat pemungutan suara yang harusnya dilaksanakan pada hari rabu tanggal 14 Februari 2024 harus di tunda dan pemungutan suara baru di lakdanakan pada hari Ju'mat tanggal 16 Februari 2024.
     
    "Pemungutan suara di TPS 5 Dusun Watu Bamba Desa Taronggo Kecamatan Bungku Utara harus di tunda, akibat keterlambatan pendistribusian logistik Surat Suara yang di akibatkan jarak tempuh yang sangat jauh yang harus di lalui dengan jalan kaki selama tiga hari tiga malam, dan jalur yang di lewati cukup ekstrim dan cuaca saat itu hujan" Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto,S.I.K,M.H. Sabtu (17/2/2024)

    Salah satu personel Polres dan salah seorang warga tidak dapat melanjutkan perjalan dalam mendistribusikan Surat Suara akibat mengalami cidera.

    "Salah satu dari dua anggota kami yang melakukan pengawalan, mengalami cidera kaki saat pengawalan kotak suara. Anggota kami tersebut tergelincir saat melalui jalan yang ekstrim dimana saat itu cuaca turun hujan, sedangkan satu warga mengalami sakit akibat kelelahan, sehingga keduanya tidak bisa melanjutkan perjalanan untuk mendapatkan pertolongan" terang Kapolres.

    "Kemarin (16/2/2024) telah dilaksanakan pemungutan suara di TPS 5 Watu Bamba, pagi tadi telah di jemput dengan menggunakan 1 Unit Helikopter jenis Bell 439 /P-302 bantuan dari Polda Sulawesi Tengah dan tiba dengan selamat di lapangan Kecamatan Bungku Utara, yang kemudian di bawa PPK ke Kecamatan Bungku Utara" terang Kapolres.

    Di tempat terpisah, Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Djoko wienartono 
    Mengungkapkan bahwa pemberian bantuan berupa satu Unit helikopter jenis Bell 429/ P-302 untuk mempercepat pengiriman surat Suara dari PPS ke PPK Palu. Sabtu (17/2/2024).

    Kombes Polisi Djoko Wienartono, juga menuturkan bahwa TPS Watu Bamba Desa Taronggo, Kecamatan Bungku Utara, ini merupakan salah satu TPS yang melaksanakan pemungutan suara susulan (PSS) di karenakan keterlambatan
    logistik.


    "Polda Sulteng dan Polres jajaran akan terus berkomitmen membantu apabila ada kendala dilapangan yang dapat menghambat pelaksanaan pemilu 2024, sehingga pelaksanaan tahapan pemilu dapat berlangsung dengan aman dan lancar, pungkasnya.

    (Abd.Rasyid)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini