• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Polres Toraja Utara Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2023

    Redaksi
    Senin, 17 April 2023, 17:04 WIB Last Updated 2023-04-17T10:04:40Z
    -
    -



    Toraja Utara | BNRI NEWS


    Polres Toraja Utara Polda Sulawesi Selatan bersama Instansi terkait melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 di Halaman Mapolres Toraja Utara yang bertempat di Panga Kec. Tondon Kab. Toraja Utara, Senin (17/04/2023) pagi.

    Pelaksanaan apel gelar pasukan bertema “Mudik Aman Berkesan” tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Polda dan Polres se-Indonesia dalam rangka mengecek kesiapan Operasi Kepolisian terpusat tahun 2023.

    Apel yang digelar tersebut dihadiri oleh Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang S.E,. M.Si, Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda S.IK., M.Si, Dandim 1414/Tator yang diwakili oleh Kasdim 1414/Tator Mayor inf. Oberan Tandirerung, Kacabjari Tana Toraja di Rantepao Deri Fuad Rachman, S.H.

    Lanjut, para Pejabat Utama Polres Toraja Utara, BPBD Toraja Utara, Jasa Raharja Toraja Utara, Dinas Perhubungan Kab. Toraja Utara, Dinas Kesehatan Kab. Toraja Utara, Sat Pol PP Kab. Toraja Utara, serta FKPPI Toraja Utara.


    Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang S.E,. M.Si yang didampingi Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda S.IK., M.Si serta Kasdim 1414/Tator Mayor inf. Oberan Tandirerung saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat dalam kesempatannya menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si bahwa Apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H, baik pada aspek Personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait.

    Dalam amanat yang disampaikan bahwa pelaksanaan operasi Ketupat Krakatau 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023 dengan fokus pengamanan masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

    Dalam amanat tersebut pula, Ia menyampaikan penekanan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu ”hati-hati, tahun ini ada lompatan besar Masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta berdasarkan survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik”.

    Disamping menyampaikan penekan dari Bapak Presiden, Kapolri juga memberikan penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut:  
    1. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan operasi ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi Kita semua. 

    2.  Kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik yang “Presisi” sebagaimana harapan Masyarakat. 

    3.  Pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal. 

    4. Berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar Masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

    5. Pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan Masyarakat.

    6. Perkuat sinergisitas dan soliditas antara Petugas Pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.


    Sebelum mengakhiri amanat, Kapolri melalui Bupati Toraja Utara mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan seluruh pihak terkait yang telah ikut berpartisipasi dalam mendukung suksesnya pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

    Adapun peserta apel dalam Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Toraja Utara tersebut dikuti oleh Personel Kodim 1414/Tator, Personel Polres Toraja Utara, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD, serta FKPPI.


    (AM)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini