• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang Kawal Peresmian Kampung Pancasila

    Jumat, 30 Desember 2022, 13:39 WIB Last Updated 2022-12-30T06:39:33Z
    -
    -




    Magelang  | BNRI NEWS 


    Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang mengawal Kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila. Kegiatan ini dilaksakan di halaman Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Dusun Ngepoh, Desa Tirtosari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang padaKamis, (29/12/2022).

    Dalam rangka mendukung acara ini, Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang menerjunkan 20 personil,  sementara Linmas Desa Tirtosari menerjunkan 10 personel.

    Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Sawangan  Yusuf Ari Wibowo, S. STP., M. Si. Turut hadir Kapolsek Sawangan AKP Tugimin,  Danramil Sawangan Mayor Arh. Suhadi, Kepala Desa Tirtosari Nuryadi, Kepala Dusun se-Desa Tirtosari,  Ketua DPD LDII Kabupaten Magelang K.H. Modrik Santoso, S. Pd.,M.Pd., serta tokoh masyakarat dari Desa Tirtosari.

    Tampak dalam kegiatan ini, warga masyarakat bahu membahu dan guyup rukun turut serta menyukseskan pagelaran acara ini. Tidak hanya itu, untuk memeriahkan acara ini selain kirab budaya dan kirab gunungan hasil panen warga, juga dipentaskan beberapa kreativitas generasi muda Tirtosari. Mereka berasal dari beberapa lembaga pendidikan yang ada di Desa Tirtosari diantaranya PAUD Tirtosari, MIM Tirtosari, SD Negeri Tirtosari, Persinas ASAD Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin.

    Kampung Pancasila adalah merupakan julukan untuk desa yang di jadikan sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila dan sebagai contoh dalam penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

    Camat Sawangan Yusuf Ari Wibowo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa  melalui surat Sekretaris Daerah pada bulan April 2022 secara serempak di seluruh wilayah Kabupaten Magelang dibentuk kampung-kampung Pancasila. Kampung Pancasila pada saat itu secara simbolis dicanangkan oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP saat peringatan hari lahir Pancasila.

    "Kampung Pancasila ini merupakan wadah untuk bisa dilakukan kegiatan-kegiatan positif dan kreatif. Dengan dibentuknya Kampung Pancasila harapannya secara psikologis masyarakat akan lebih ada pengendalian diri dan melestarikan serta menanamkan kekuatan kepada anak-anak kita," kata Yusuf.

    "Untuk mengisi Kampung Pancasila ini tidak hanya dicanangkan tapi dilakukan kegiatan-kegiatan nyata yang nanti secara tidak langsung akan membuat masyarakat tidak lupa pada sumber-sumber Pancasila dan mengamalkannya," tambahnya.


    Sementara koordinator lapangan Senkom Kabupaten Magelang, Agus Susilo mengatakan bahwa giat PAM ini adalah sebagai pelaksanaan program karya bakti Senkom kepada masyarakat yang membutuhkan.

    "Sebisa mungkin Senkom ikut berkontribusi positif kepada masyarakat dan pemerintah, sebagai wujud bela negara ," pungkasnya. (Mah/Ghoni)

    (H. Joko) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini