• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    HUT LSM BPPI ke -3 : Mari Konsisten Kritis Demi Tegaknya Pilar Kebangsaan

    Senin, 19 Desember 2022, 15:56 WIB Last Updated 2022-12-19T08:56:57Z
    -
    -



    Makassar | BNRI NEWS

    Jelang Peringati Hari Ulang Tahunnya ke 3, Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Patriot Peduli Indonesia, DPW LSM BPPI Propinsi Sulawesi Selatan tetap konsisten bersikap kritis terhadap pemerintah maupun masyarakat demi tegaknya pilar kebangsaan. Demikian Samsul Hadi,SH CMT mengungkapkan kepada media di Makassar, Senin (19/12/2022).

    LSM BPPI sebagai Lembaga sosial kontrol dan sekaligus kontrol sosial yang bersifat Nasionalis, Religius dan Spiritualis berdiri 3 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 Desember 2019 di atas Gunung Tidar yakni di titik bersejarah situs sosiomagis Syech Subakir seorang pejuang penyebar agama Islam awal sebelum Wali Songo di tanah Jawa, cikal bakal pengembang Islam di Nusantara. LSM BPPI Didirikan oleh Abah H Nur Abadi sekaligus sebagai Ketua Umum DPP LSM BPPI hingga saat ini, dengan berkantor sekretariat Mako BPPI di kota Batang, Jawa Tengah.

    Menurut Samsul Hadi,SH CMT yang merintis dan mendapatkan mandat memimpin DPW LSM BPPI di Propinsi Sulawesi Selatan, LSM BPPI konsisten menjaga pilar kebangsaan Indonesia, yakni Setia menjaga Pancasila UUD'45, Mempertahankan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika. Ke-4 pilar kebangsaan itu adalah penting untuk dijaga karena sangat menentukan bagi kelangsungan corak kehidupan bernegara bagi bangsa Indonesia di masa mendatang. Kemerdekaan Indonesia yang diperjuangkan oleh para Pahlawan pendiri bangsa, dibangun dengan komitmen dan kesepakatan serta kesepahaman antar komponen bangsa saat itu, harus dijaga dan dihormati. Termasuk bentuk negara kita yakni negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Menurut Aktifis yang pernah keliling beberapa Propinsi di Indonesia ini, pengaruh kepentingan global dan kebebasan informasi saat ini selain membuka peluang untuk kemajuan, juga mengandung resiko ancaman tergerusnya kesadaran akan cinta tanah air, cinta budaya sendiri, hilangnya rasa persatuan dan keutuhan. Indikasinya adalah seringnya terjadi benturan sosial antar anak bangsa yang dipicu oleh faktor perbedaan faham, budaya bahkan tak jarang masih adanya pihak yang mengusung sinisme kesukuan, kedaerahan atau agama. Disisi lain yang cukup memprihatinkan masih adanya kelompok kecil warga masyarakat di daerah tertentu wilayah Indonesia yang mengancam menginginkan lepas dari pemerintahan Indonesia, yang oleh militer dikategorikan sebagai KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata). Jika tak mendapatkan penanganan yang tepat, cepat dan tuntas tentu bisa mengganggu pilar kebangsaan khususnya keutuhan NKRI.

    Belum lagi fenomena sosial di akhir tahun 2022 masuk tahun 2023 jelang pemilu 2024, di tengah masyarakat Indonesia suasana politik mulai menghangat. Wacana pergantian pemimpin baik ditingkat Daerah (Gubernur & Bupati) maupun tingkat nasional (Presiden & Wakil Presiden) tak terelakkan, menjadi topik pembicaraan mayoritas masyarakat baik di desa maupun di kota, baik melalui perbincangan lisan secara langsung maupun melalui media massa atau media sosial. Momen jelang dan selama pesta demokrasi sosial seperti itulah kadang bisa terjadi percikan atau benturan sosial, bilamana tidak ada kesadaran masyarakat dan antar individu dalam mengekspresikan kebebasan berpendapat dan bertindak.
    Diperlukan kesadaran penyeimbang agar jalannya politik demokrasi tetap lurus ke depan, tidak miring ke kiri atau miring ke kanan, itulah salah satu peran penting LSM di negeri ini ", kata Aktifis BPPI ini.

    Menghadapi tantangan rawannya disintegrasi bangsa akibat kesalahan dalam bertindak (baik pemegang kekuasaan eksekutif, yudikatif maupun legislatif) maupun unsur masyarakat sipil lainnya, maka diperlukan komitmen semua pihak untuk peduli dengan bangsa ini, dengan menjaga tetap tegaknya pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD'45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

    Selamat Ulang Tahun Ke-3 LSM BPPI.
    BPPI Maju Jaya Abadi, NKRI Harga Mati !

    (Redy Rangga/ Boer77)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini