• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ketua DPW LSM BPPI Jatim Sesalkan Insiden Kanjuruhan : Korban Mencapai 678 Orang

    Sabtu, 08 Oktober 2022, 08:01 WIB Last Updated 2022-10-08T01:01:44Z
    -
    -


    Surabaya | BNRI NEWS

    Insiden yang terjadi setelah usai Liga bola Kesebelasan Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang Jatim kian memakan korban. Jumlah korban kini mencapai 678 orang, dengan rincian 481 luka ringan, 43 sedang, 23 luka berat dan 174 meninggal dunia. (Sumber Kadis Humas Polri, Irjen Dedy Pasetyo, Data dari Croschek Pemerintah setempat, BPBD Jatim, RS Terkait) Minggu (2/10/2022) pukul 10.30 wib.

    Banyaknya korban Insiden Kanjuruhan mengundang kesedihan dan keprihatian semua pihak. Baik Masyarakat pecinta bola, pemerintah maupun organisasi sosial kemasyarakatan.

    Ely Sulistyaningsih, SE SPd Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Patriot Peduli Indonesia (DPW LSM BPPI) Propinsi Jawa Timur mengaku turut prihatin dan menyesalkan terjadinya insiden mengenaskan yang menewaskan ratusan supporter bola itu.
    Tidak semestinya hal itu terjadi, manakala semua pihak siapapun juga, mentaati aturan , sesuai prosedur dan saling menjaga keselamatan orang lain.

    Ely Sulistyaningsih berharap, semua pihak mengambil pelajaran berharga dari musibah tersebut, jangan sampai terulang di kemudian hari.

    Ketua DPW LSM BPPI Jatim ini juga meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Malang dan Propinsi Jawa Timur umumnya, segera melakukan upaya upaya evakuasi berkelanjutan bagi para korban luka maupun meninggal dunia.

    Kepada Masyarakat Jawa Timur dan pecinta sepakbola di tanah air, Ely berharap bisa tertib menjaga diri, menjaga persatuan dan persaudaraan jangan sampai berbuat anarkis di area lapangan bola maupun di luaran. Jadikan sepakbola sebagai sarana Silaturohmi, saling menjaga sportifitas dan tetap dalam kerukunan integrasi anak bangsa.

    Kepada Panitia Liga, pihak PSSI maupun pihak Aparat Kepolisian, Ely Sulistyoningsih SE, SPd berharap semua pihak mengevaluasi diri, membenahi Tupoksi agar sesuai prosedur SOP dan tata auturan sebagaimana yang diberlakukan organisasi bola dunia FIFA, agar penanganan dan pelaksanaan pertandingan bola berjalan aman tanpa ekses yang menimbulkan korban jiwa, baik bagi pemain dan penontonnya.

    Atas meninggalnya Ratusan nyawa dalam insiden Kanjuruhan tersebut, semoga pihak Aparat berwajib segera melakukan penyidikan bersama Tim Pencari Fakta Gabungan yang bersifat independen, demi kredibilitas dan integritas penanganan insiden yang menewaskan ratusan orang tersebut, yang salah satu indikasinya akibat sesak napas setelah adanya tembakan gas air mata, maupun akibat korban terinjak injak dalam kepanikan tersebut. Siapapun yang nantinya terbukti salah dan  menyebabkan hilangnya ratusan nyawa, harus diproses sesuai hukum yang berlaku", tegasnya.

    (Eshadiyuda/tim)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini