• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Senkom Bersama Potensi Relawan Dalam Jambore Relawan Penanggulangan Bencana Indonesia

    Sabtu, 08 Oktober 2022, 07:03 WIB Last Updated 2022-10-08T00:03:08Z
    -
    -




    REMBANG |  BNRI NEWS 


    Puluhan Rescue Senkom Mitra Polri Jawa Tengah bersama potensi relawan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mengikuti Jambore Relawan di Kabupaten Rembang. 

    Ketua panitia pelaksana menyampaikan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan menjalin silaturahmi antar relawan kebencanaan dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Indonesia.

    Jambore Relawan Penanggulangan Bencana Indonesia resmi dimulai pada Rabu sore oleh Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro'  (5/10/2022).

    Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro' membuka kegiatan yang dihadiri ribuan relawan dari berbagai daerah di Indonesia di Pantai Karangjahe Punjulharjo Rembang. Jambore berlangsung akan berlangsung  tiga hari Rabu sampai Jumat, 5 -7 Oktober 2022.


    Dalam kesempatan itu Wabup Hanies secara simbolis menyerahkan peralatan yang nantinya digunakan selama jambore seperti sapu, kentongan dan geo bag (jenis geotextole yang dijahit membentuk karung yang kemudian diisi dengan pasir atau tanah untuk melindungi pantai dari abrasi.

    Selain itu Wabup juga menyerahkan bibit tanaman mangrove dan buah yang akan ditanam oleh para relawan di sejumlah lokasi.

    Wabup juga menuturkan berdasarkan indeks Risiko Bencana Indonesia yang diterbitkan BNPB tahun 2021, Kabupaten Rembang merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat risiko bencana sedang. Terlebih sesuai dengan topografi dan kondisi geografis daerah di wilayah Kabupaten Rembang berpotensi rawan bencana di 14 Kecamatan.

    "Ancaman bencana di Kabupaten Rembang cukup beragam dengan intensitas utama adalah ancaman bencana hidrometeorologi, baik banjir, tanah longsor, banjir bandang, termasuk rob dan cuaca ekstrem,'' katanya

    Gus Hanies mengingatkan bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya BNPB, BPBD dan relawan lainnya.

    Oleh karena itu, Wabup Hanies meminta kepada semua pihak di bawah koordinasi BPBD agar melakukan tindakan dengan cepat dan tepat serta tidak keluar dari ketentuan yang berlaku untuk melakukan penanganan sebaik mungkin.

    Salah satu butir arahan Bapak Presiden Joko Widodo dalam Pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana tahun 2022 di Bogor adalah agar menumbuhkan budaya kerja yang siaga, antisipatif, responsif dan adaptif, imbuhnya.

    Menurut Wabup, Pemkab Rembang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, agar mereka siap sebelum, saat dan pasca bencana.

    Saya berharap upaya ini menjadi pemicu dan momentum bersama untuk dapat dilaksanakan secara terus menerus dan konsisten. Dengan demikian, upaya untuk menumbuhkan kesadaran terhadap bencana di masyarakat menjadi lebih baik sehingga dapat mengurangi dampak bencana."

    Seusai kegiatan pembukaan, para relawan langsung mengikuti kegiatan Forum Group Discusion (FGD) masing-masing klaster. Enam klaster yang ada yaitu klaster penyelamatan dan evakuasi, klaster logistik, klaster sarpras, klaster perlindungan dan konsumsi dan klaster posko dan komunika.



    Kegiatan JAMBORE RELAWAN PB JATENG yang di selenggarakan di Pantai Karang jahe Rembang Jawa Tengah selama 3 hari secara resmi ditutup Jumat 7/10/22, oleh Kalakhar  Bergas Catursasai penanggungan, S.sos., M.Si. 


    (H Joko Suparno/Ghoni)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini