• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Mencegah Narkoba Sejak Dini, BNN Kabupaten Tana Toraja Tes Urin yang Mau Menikah

    Minggu, 25 September 2022, 13:15 WIB Last Updated 2022-09-25T06:15:23Z
    -
    -



    Tana Toraja | BNRI NEWS


    Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tana Toraja laksanakan rapat sosialisasi bersama Tim Penggerak PKK Tana Toraja, Dinas P3A, Dinas Kesehatan, Kemenag, Dukcapil, Penyuluh KB, dan Lurah, di ruang rapat lantai II BNNK Tana Toraja. Sabtu (24/09/2022)

    Rapat tersebut dilaksanakan BNNK Tana Toraja dalam rangka kolaborasi Program dengan para stakeholder di atas untuk mengambil satu langkah strategis dan inovasi bidang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dalam upaya perang melawan Narkoba (War On Drugs) dengan Pendekatan “Soft Power Approach” .  Inovasi dibranding dengan nama “Kontestan Pranikah” yaitu Pemberian Konseling Pranikah dan Tes Urine bagi calon Pasutri yang dilakukan di Rumah Cinta Desa Bersinar./ Lembang bersinar/Kelurahan Bersinar

    Kepala BNNK Tana Toraja, Dewi Tonglo, mengatakan Calon Pasutri atau calon Pengantin yang melakukan pengurusan adminstrasi Pernikahan di Desa/Lembang atau Kelurahan Bersinar akan mendapatkan Konseling Pranikah yang berisi tentang edukasi bagaimana membangun keluarga yang ideal, harmonis dan bahagia , kemudian diedukasi bagaimana menghadapi konflik jika ada terjadi dalam keluarga sehingga setiap pasangan diharapkan akan mempunyai soft skill atau keterampilan atau kecakapan yang melekat pada dirinya untuk menghadapi konflik tersebut sehingga mempunyai ketahanan diri dan terhindar dari konflik yang bisa mengantarkan keluarga kepada masalah penyalahgunaan narkoba.

      "Tes urine kita lakukan untuk memastikan dan menyakikan calon pasangan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Program ini BNN berkolaborasi dengan Dinkes yang sedang menggalakkan  program unggulan Bapak Gubernur “ mencari menantu bersinar.” kat Dewi Tonglo"

    Dengan adanya Inovasi ini kita berharap bisa menekan laju penyalahgunaan dalam masyarakat, dimulai dari keluarga dengan membangun ketahan keluarga anti narkoba.

    Jadi pasangan yang bebas narkoba akan mendapatkan sertifikat sebagai salah satu persyaratan untuk mengajukan pernikahan ke KUA maupun Dukcapil.

    Program Konseling Pranikah dan Tes Urine bagi Calon Pasangan Pasutri ini termasuk salah satu Inovasi yang ikut dalam “Pencangan Sulawesi Tangguh Bersinar” selain Inovasi Desa Tangguh Bersinar, Gencarkan Gerakan Cari Mantu Bersinar, Lorong Wisata Bersinar, Menuju Sulawesi Selatan Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat oleh Bapak Kepala BNN Komjen Pol DR. Petrus R. Golose pada tanggal 31 Agustus 2022 di Makassar kata Dewi Tonglo, Kepala BNNK Tana Toraja.

    Dewi Tonglo juga mengatakan program konseling dan test urine pranikah ini tidak dikenakan tarif/gratis.

      "Biaya Konseling Pranikah  dan Tes Urine ini gratis" lanjutnya"

    Berikut ini alur kontestan pranikah.

    1. Mendatangi Kantor Lembang/ Kelurahan/ Desa Bersinar.

    2. Melaporkan akan  mengurus administrasi Pernikahan.

    3. Membuat janji jadwal Konseling dan tes urine dengan Petugas Rumah Cinta melalui aplikasi Elsimil yang bisa didownload di appstore android.

    4. Pelaksanaan Konseling dan Tes Urine 

    5. Mendapatkan Sertifikat Kontestan Pranikah Bersinar. 

    (Amos)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini