• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Naganaya, APTIKNAS dan BSSN Gelar Soft Launching National Cybersecurity Connect 2022

    Rabu, 01 Juni 2022, 11:21 WIB Last Updated 2022-06-01T04:23:00Z
    -
    -





    Jakarta  | BNRI NEWS

    Naganaya Indonesia berkolaborasi dengan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional (APTIKNAS) beserta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan event Soft Launching National Cybersecurity Connect 2022.

    Pandemi Covid-19 telah memaksa Indonesia untuk melakukan percepatan pemanfaatan teknologi digital. Peranan transformasi digital sangatlah penting dalam membantu terciptanya efektifitas dan efisiensi di segala lini kehidupan, khususnya dalam peningkatan ekonomi nasional.

    Pada tahun 2022, pemerintah Indonesia dipercaya akan terus berupaya untuk melakukan beberapa strategi penting dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan target pertumbuhan ekonomi sebesar 4%-5%.

    Hal ini tentunya tidaklah mudah, dan memerlukan kolaborasi sinergitas antar pihak dalam peningkatan ekonomi nasional. Disamping itu, pertumbuhan ekonomi yang tinggi juga akan berpotensi untuk mengundang banyak ancaman kejahatan khususnya di bidang keamanan siber.

    Berkaca pada tahun 2021, tercatat terdapat sekitar 1,6 miliar serangan siber secara nasional dan kejahatan siber ini diproyeksikan akan terus mengancam berbagai sektor bisnis/industri dan belum surut pada 2022.

    NATIONAL CYBERSECURITY CONNECT 2022, hadir untuk menjadi sebuah solusi dan sebuah wadah bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) untuk berkumpul dan membahas perkembangan keamanan siber secara nasional.

    Menurut Rafidi Iqra, Direktur Pengembangan Bisnis PT Naganaya Indonesia Internasional “Event ini diselenggarakan oleh Naganaya Indonesia merupakan kolaborasi dari berbagai pihak terkait yang memiliki satu tujuan yang sama yaitu kekuatan Cyber Security di Indonesia yang diharapkan mampu memberikan dampak nyata terhadap perkembangan Indonesia.”

    Dalam kegiatan tersebut Ir. Soegiharto Santoso yang biasa disapa dengan Pak Hoky selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) mengatakan, “Konsentrasi APTIKNAS terkait Cyber Security yaitu membentuk APTIKNAS Cyber Security Chapter, wadah khusus anggota pemain cyber security di Indonesia sejak tahun 2019 dan aktif mengadakan kegiatan edukasi Cyber Security Awareness dengan melakukan seminar ataupun webinar." 




    Hoky menambahkan, "APTIKNAS yang mempunyai 29 DPD dari Aceh hingga Papua, memiliki sekitar 20-30 anggota APTIKNAS yang perusahaan nya terkait dengan IT Security, dimana APTIKNAS juga mendukung RUU PDP bisa segera di setujui untuk kepastian hukum terkait cyber security di Indonesia, selain dari itu mendorong perlunya standarisasi perangkat Hardware / Software terkait Cyber Security yang bisa digunakan di Indonesia, termasuk hingga sertifikasinya, APTIKNAS juga mendukung talenta digital/ SDM terkait Cyber Security." ungkap Hoky yang juga menjabat sebagai Dewan Pengawas LSP Pers Indonesia.

    Sementara Dr. Sulistyo, S.Si, S.T., M.Si selaku Direktur Strategi Keamanan Siber dan Sandi BSSN mengatakan, “BSSN sesuai Perpres 28 tahun 2021 mempunyai tugas menjalankan tugas Pemerintahan di bidang keamanan siber dan sandi, lalu berusaha untuk melayani seluruh pemangku kepentingan baik di sektor pemerintah, Infrastruktur Vital Nasional (IVN) , dan ekonomi digital serta terus berusaha memenuhi harapan dari masyarakat untuk dapat menjaga stabilitas keamanan ruang siber. BSSN melihat event National Cybersecurity Connect (NCC) 2022, dapat menjadi salah satu wadah berkumpul bagi seluruh pemangku kepentingan untuk membahas perkembangan keamanan siber secara nasional.” 


    Sulistyo menambahkan, “Dengan tema ‘Are We Ready to Face Post Pandemic Threats?’, BSSN berharap kegiatan National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dapat menggaungkan kepada para pemangku kepentingan mengenai pentingnya kesiap siagaan menghadapi potensi ancaman keamanan siber yang kian meningkat. Selaras dengan hal ini, BSSN memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya agenda rangkaian kegiatan National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 yang mulai diluncurkan pada 30 Mei ini, tujuannya agar terjalin kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung terciptanya keamanan siber nasional yang terpelihara dengan baik.” Tutur Sulistyo.

    Sedangkan Aditya Adiguna selaku Direktur Utama PT. Naganaya Indonesia menyampaikan, “Kegiatan National Cybersecurity Connect 2022 tidak hanya akan mengundang pembicara nasional saja, tetapi juga turut menghadirkan pembicara global yang akan memberikan informasi, ilmu, maupun pandangan terkait isu terkini dalam bidang keamanan siber. Disamping itu, kegiatan ini juga mentargetkan kurang lebih 100 peserta pameran dari perusahaan teknologi nasional maupun global, BUMN, startup, kampus, asosiasi dan lembaga pemerintah yang akan memamerkan teknologi terkini dan informasi terkait bidang keamanan siber.” Paparnya kepada awak media.


    (Red/ES)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini