• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkot Mojokerto Gelar Bulan Bung Karno

    Rabu, 01 Juni 2022, 14:37 WIB Last Updated 2022-06-01T07:37:10Z
    -
    -



    Mojokerto |BNRI NEWS

    Hari ini, Rabu (1/6/2022) tepat pukul 07.00, Pemkot Mojokerto mulai melaksanakan rangkaian "Bulan Bung Karno" dengan menggelar upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dihadiri oleh peserta upacara yang mengenakan berbagai pakaian adat Indonesia. 

    Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini di bulan Juni, pertama kali Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar "Bulan Bung Karno". 
    Kegiatan tersebut dimaksudkan agar bisa menghidupkan kembali sejarah Soekarno sebagai sosok pahlawan Proklamator Indonesia tersebut.

    Pelaksanaan perayaan Bulan Bung Karno tahun ini, dengan menggelar berbagai kegiatan. 
    Acara yang digelar selama dua hari yakni hari ini dan besok, tanggal 1-2 Juni 2022 tersebut bertempat di dua lokasi sekolah, dimana  kala Soekarno kecil mengenyam pendidikan sekolah .
    Yaitu SDN Purwotengah yang dulu dikenal Sekolah Ongko Loro yang sekarang bernama SDN Purwotengah,  dan Europesche Lagere School (ELS)  yang kini lebih dikenal SMPN 2. 

    Di hari pertama sekarang ini, bertempat di SDN Purwotengah,  digelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilanjutkan pameran lukisan dan heritage, permainan jadul dan para finalis lomba bercerita, foto, dan pidato mirip Soekarno. 
    Sedangkan berlokasi di SMPN 2 Kota Mojokerto digelar kegiatan sarasehan dengan mengusung judul ‘Mengenal Lebih Dekat Jejak Bung Karno’.

    Sementara di hari kedua, selain pameran lukisan dan heritage serta penampilan permainan jadul, akan disajikan pementasan Wayang Beber pada siang hari dan pada malam harinya digelar penampilan Ludruk sebagai penutup rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno. 

    Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan sejumlah peristiwa penting terkait sosok Presiden Indonesia  pertama tersebut terjadi pada bulan Juni. 
    Kota Mojokerto tidak mau ketinggalan dalam upaya ‘nguri-uri’ sejarah Soekarno.
    Apalagi sejumlah jejak sejarah dan pemikiran Bung Karno dapat ditemukan di kota dengan motto Spirit of Majapahit ini. 
    Terutama masa kecil dan remaja presiden pertama Republik Indonesia tersebut.
    "Sosok Soekarno ini sangat dekat dengan kita. Sejarah mencatat, masa-masa emas dari sosok Soekarno muda dihabiskan di Kota Mojokerto,” kata Wali kota Ika Puspitasati, Rabu (1/6/2022).

    Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari ketika hadir pada upacara Hari Lahir Pancasila


    Masih menurut Ning Ita (sapaan akrab walikota), momentum Bulan Bung Karno tersebut, Pemkot Mojokerto mencoba untuk menghidupkan kembali sejarah dan menyelami pemikiran Soekarno lewat berbagai kegiatan menarik untuk masyarakat.
    “Acara ini terbuka untuk semua kalangan masyarakat. Diharapkan semua bisa belajar kembali sejarah dan mengenang perjuangan sosok Bung Karno lewat event-event yang sudah disiapkan Pemkot Mojokerto,” pungkas Ning Ita.

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini