• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dandim 1414/Tator Berikan Materi Tentang Pentingnya Bela Negara Kepada Kader Sapma Pemuda Pancasila Torut

    Senin, 13 Juni 2022, 08:03 WIB Last Updated 2022-06-13T01:03:01Z
    -
    -


    Toraja Utara | BNRI NEWS


    Komandan Kodim 1414/Tator, Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury, S.I.P, sambangi Kantor Camat Tikala, Kabupaten Toraja Utara, Minggu (12/6/2022). 

    Pada kegiatan tersebut, Komandan Kodim 1414/Tator Letkol Inf Amril Hairuman Tehupelasury S.I.P memberikan materi Bela Negara dalam menjaga NKRI kepada peserta Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila ( SAPMA) di Aula Kantor Camat Tikala. 

    Selanjutnya Dandim 1414/Tator mengatakan bahwa Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang diawali kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan Negara yang seutuhnya. 

    Tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara dan syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela Negara. 

    Esensi dari nilai – nilai kebangsaan, persaudaraan, kerakyatan, keadilan dan gotong royong yang merupakan aplikasi dari nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negara seperti cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, rela berkorban untuk Bangsa dan Negara. 

    Bela Negara bukanlah hanya berperang dan bukan hanya tugas militer, namun bela Negara adalah Tanggungjawab kita bersama yang dapat diwujudkan dalam bentuk kebaikan yang dilakukan dalam keseharian dan sesuai profesi masing-masing. 


    "Bela Negara menjadi salah satu kewajiban warga Negara terhadap NKRI. Layaknya TNI – Polri, kini masyarakat Indonesia dari segala latar belakang dapat ikut berkontribusi melalui seleksi Komponen Cadangan (Komcad) . “Setiap warga Negara yang berusia 18 – 35 tahun, dengan latar belakang apa saja yang memenuhi persyaratan bisa secara sukarela mendaftar menjadi anggota Komponen Cadangan (Komcad). 

    Bela Negara sebuah konsep yang di susun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara, setiap negara pasti memiliki konsep dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara.


     (Amos Minggu)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini