• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gandeng Ubaya, Pemkab Mojokerto Tingkatkan Kompetensi Guru PAUD

    Minggu, 22 Mei 2022, 14:23 WIB Last Updated 2022-05-22T07:23:53Z
    -
    -


    Mojokerto | BNRI NEWS

    Untuk menghadapi perkembangan pendidikan anak usia dini di masa depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto terus berupaya memberikan pelayanan pengasuhan anak usia dini yang holistik integratif. 
    Salah satu caranya adalah melakukan kerja sama dengan Universitas Surabaya (Ubaya) Prodi Magister Psikologi Sains.

    Menurut Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati , semua sisi kebutuhan anak usia dini harus dipenuhi. Salah satunya terpenuhinya pertumbuhan sosial emosi pada anak sejak usia dini. Dia meyakini, kerja sama ini dapat meningkatkan kapasitas tenaga pendidik guna menghadapi masa literasi dan perkembangan sosio emosi anak usia dini.
    "Para guru ini memiliki peran yang sangat besar. Bahwa apa yang dilakukan guru pada anak-anak dan perilaku guru disadari atau tidak akan memberikan pengaruh kepada anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan guru pada saat proses belajar," ujar Ikfina di Pendopo Graha Majatama, Sabtu, (21/5/2022).

    Masih menurut Ikfina, perkembangan sosio emosi pada manusia, selain pendidikan orang tua namun juga tidak bisa lepas dari pendidikan yang diterima saat masih usia dini di sekolah. 
    Untuk itu sangat penting bagi tenaga pendidik memahami karakteristik pada diri setiap anak-anak
    "Hari ini khusus kita mengundang pendidik anak usia dini untuk memahami terkait perkembangan sosial anak. Proses normalnya itu bagaimana, apa saja yang mempengaruhi, ketika terjadi gangguan itu tanda-tandanya apa dan kemudian apa yang harus dilakukan," tambah Ikfina.

    Selanjutnya Ikfina menjelaskan,  gangguan yang dialami pada anak-anak, akan selalu membekas hingga mereka dewasa. Sehingga pembangunan sosio emosi yang baik pada anak usia dini tentunya akan menghasilkan karakteristik manusia yang baik pula, begitu pun sebaliknya.
    "Jadi hari ini itu semacam evaluasi tapi juga ada semacam peningkatan kapasitas untuk tenaga pendidik. Dari hasil evaluasi ini nantinya akan ada tindak lanjut kerjasama dengan Prodi Magister Psikologi Sains Ubaya," jelas Ikfina.

    Pemkab Mojokerto  menjalin kerja sama dengan Prodi Magister Psikologi dan Sains Ubaya ini sebenarnya tidak hanya soal peningkatan tenaga pendidik dalam perkembangan sosio emosi anak usia dini. Namun juga terkait dengan pendidikan praliterasi.
    "Kita tahu anak usia dini itu belum saatnya diajarkan baca tulis tetapi para pendidik harus menyiapkan dia untuk mempunyai kemampuan dia untuk praliterasi dan itu ada tahapannya. Sehingga ketika dia masuk pada masa literasi dia sudah siap, kemudian yang kedua hari ini terkait dengan perkembangan sosio emosi anak-anak," sambung Ikfina.

    Dari kedua evaluasi yang dilakukan ini nantinya akan dijadikan sebuah media yang akan dirumuskan oleh tim dari Ubaya guna menghasilkan metode pendidikan anak usia dini yang sesuai untuk Kabupaten Mojokerto. Dari rumusan itu, tim Ubaya akan memberikan pendidikan peningkatan kapasitas tenaga pendidik anak usia dini di Mojokerto
    "Jadi nanti dari Ubaya akan menghasilkan trainer, dan trainer itu yang akan kita tindak lanjuti agar bisa menularkan kepada semua lembaga pendidikan anak usia dini yang ada di Mojokerto. Jadi nanti ada dua TOT, yakni praliterasi dan sosio emosi anak-anak usia dini," kata Ikfina.


    Ikfina berharap, dari kegiatan ini menghasilkan output yang maksimal. Sebab, pemantauan perkembangan sosio emosi pada anak ini sangat sangat berpengaruh terhadap sumber daya manusia khususnya di Kabupaten Mojokerto. Untuk itu diperlukan peningkatan kapasitas tenaga pendidik agar perkembangan sosio emosi anak bisa bisa lebih baik.
    "Para guru ini kita harapkan menjadi agen perubahan untuk para orang tua. Karena apa, saat ini mungkin banyak orang tua yang belum paham, pentingnya peran mereka terhadap emosi sosial pada anak-anak," harap Ikfina.

    Sementara itu, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 400 tenaga pendidik anak usia dini dari KB, TK, PAUD, SPS, serta IGRA baik secara offline maupun online. 
    Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam ini juga disaksikan langsung Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto.

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini