• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    PEMAHAMAN MITIGASI GEMPABUMI PADA MASYARAKAT DI ZONA RAWAN GEMPABUMI PERLU DITINGKATKAN

    Jumat, 04 Maret 2022, 13:56 WIB Last Updated 2022-03-04T06:56:36Z
    -
    -



    Yogyakarta | BNRI NEWS

    Jumat, 04 Maret 2022 pukul 00:44:56 WIB, terjadi gempabumi tektonik. Berdasarkan analisa BMKG Stageof Malang UPT PGR VII Yogyakarta, kekuatan gempa Magnitudo 2,3. Pusat lokasi gempa berada di Darat pada koordinat Lintang -7.70, Bujur 110.66 pada jarak 7 Km arah Timur Laut KLATEN - JATENG (Dukuh Kasaran, Desa Pasungan, Kecamatan Ceper), dengan kedalamam 158 Km (kedalaman menengah).

    Melihat dari kekuatan gempa skala kecil dengan kedalamanan menengah, getaran tidak dirasakan oleh masyarakat disekitar pusat lokasi gempa. Mencermati titik pusat gempa di kawasan padat pemukiman, tentu upaya untuk memberikan pengetahuan mitigasi kepada masyarakat sangat diperlukan. Sebagai langkah antisipasi apabila terjadi gempabumi tektonik signifikan.

    Mengkaji, meneliti sumber gempa, seperti memetaan patahan/sesar (baik itu sesar lama yang belum teridentifikasi maupun sesar baru) di kawasan padat pemukiman sebagai upaya mengurangi resiko dari potensi bencana gempabumi. Koordinasi peran para ahli kebumian, kegempabumian, dan penanggulangan kebencanaan sangat diperlukan.

    Ini hanyalah sebagai gambaran kejadian gempabumi di padat pemukiman yang rentan dan beresiko tinggi jika terjadi gempa signifikan.*

    Beni Ardiyono
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini