• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pembekalan “Life skill” Ekoprint Bagi Siswa SMPN 6 Kota Mojokerto, Sebuah Inovasi Pemanfaatan Tumbuhan di Lingkungan Sekolah

    Senin, 06 Desember 2021, 19:50 WIB Last Updated 2021-12-06T12:50:13Z
    -
    -



    Mojokerto | BNRI NEWS

    SMPN 6 Kota Mojokerto yang beralamat di Jl. Pendidikan No. 36 Pulorejo Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto saat ini dalam proses menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri. Salah satu program unggulannya adalah  memanfaatkan tumbuhan di lingkungan sekolah agar lebih mempunyai nilai ekonomis melalui Program Ekoprint. 

    Guna mewujudkan program unggulan tersebut, maka pada  tanggal 30 Oktober 2021 lalu telah diadakan pelatihan pembuatan batik ekoprint yang diikuti oleh semua guru dan beberapa siswa.

    Pembuatan ekoprint dengan memanfaatkan daun dan kulit kayu dapat menghasilkan kain batik dengan nilai ekonomi yang tinggi. Pelaksanaan pelatihan tersebut dengan harapan dapat memberikan ketrampilan (life skill) membatik yang ramah lingkungan sehingga dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan akibat penggunaan pewarna kain buatan. 

    Ekoprint merupakan Inovasi baru dalam pembuatan kain batik dengan bahan warna alami yang diperoleh dari daun-daun dan kulit kayu dari berbagai tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah.

    Menurut guru pembimbing kegiatan ekoprint, Anita Rodliyah, S.Pd., bahwa daun-daun memberikan motif dan warna alami dalam proses pembuatan kain batik. Sedangkan kulit kayu akan dipakai untuk memberi warna dasar pada kain yang akan dibatik.
    “Bahan ekoprint ini diambil dari lingkungan sekolah. Kebetulan di SMPN 6 ini berbagai macam tanaman tumbuh, sehingga tinggal ambil,” ujar Anita kepada wartawan BNRI NEWS, Senin (6/12/2021).


    Lebih lanjut Anita menjelaskan, langkah pertama adalah menyiapkan dua buah lembar kain, yaitu kain utama dan kain blanket. Kedua jenis kain tersebut ditreatmen agar pori-pori kain terbuka. 
    Selanjutnya  kain blanket diberi warna dasar dengan menggunakan cairan dari bahan kulit kayu. Kemudian kain utama digelar di lantai, agar kain utama tidak kotor dibawah kain utama dialasi plastik. Setelah itu baru mulai menata daun pada kain utama. Semakin banyak macam daun makan akan semakin banyak pula motif dan warnanya yang ada pada kain batik bila sudah jadi nantinya.
    Selanjutnya, kain utama ditutup dengan kain blaket, terus ditutup lapisan plastik atasnya, digulung semuanya menjadi satu gulung, kemudian dikukus selama 2 jam. Selesai dikukus kemudian gulungan kain dibuka untuk diangin-anginkan agar kering sampai 1 minggu lamanya, setelah itu kain tersebut baru bisa dicuci dengan air bersih dan dijemur di terik matahari.
    Setelah kering, maka jadilah kain batik yang sangat bagus motif dan warnanya, tanpa bahan kimia hasilnya tidak luntur.

    Plt Kepala SMPN 6 Kota Mojokerto, Dwi Puspa Herniningsih, S.Pd.,M.Pd., menyampaikan apresiasi atas inovasi ekoprint tersebut dan akan mensupport dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk mengembangkan produk ekoprint di SMPN 6 Kota Mojokerto.
    “Kami terus mendorong para guru untuk menciptakan inovasi dalam dunia pendidikan, kami sediakan sarana apa yang dibutuhkan,” tegas Puspa.
    Lebih lanjut Puspa menjelaskan, tidak hanya kegiatan ekoprint yang dia dukung, tapi kegiatan lain yang nantinya bisa meraih prestasi pasti dengan semaksimal mungkin didukung dan difasilitasi kebutuhannya.


    Perlu diketahui, dibawah kepemimpinan Dwi Puspa Herniningsih sebagai pelaksana tugas, SMPN 6 Kota Mojokerto meraih beberapa prestasi, seperti dalam kepramukaan, meraih juara 1 yel-yel putra dan putri, juara 1 hasta karya putri, serta meraih predikat Regu Tergiat 2 putri pada Lomba Tingkat Kwaran Prejuritkulon 2021.
    Di bidang kesenian juga meraih prestasi yang gemilang, yaitu sebagai Pemenang Favorit pada Festival Pop Singer Lomba Cover Lagu Nasional Indonesia Bernyanyi 2021. Disamping itu juga meraih prestasi sebagai juara 1 Lomba Menyanyi Solo pada FLS2N tingkat Kota Mojokerto.

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini