• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pemprov Lampung dan Babel Sepakat Bangun Jalur Transportasi Laut

    Minggu, 17 Oktober 2021, 16:21 WIB Last Updated 2021-10-17T09:21:30Z
    -
    -



    TANJUNGPANDAN | BNRI NEWS


    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sepakat kerja sama untuk pembangunan jalur transportasi antar daerah dalam rangka pengembangan investasi, perdagangan, serta pariwisata.
    Kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepakatan bersama (MOU) yang ditandatangani Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Ruang Pertemuan UPTD DPUPR Kabupaten Belitung, Rabu (14/10/2021).

    MOU tersebut bersejarah bagi kedua provinsi. Untuk pertama kalinya, Lampung-Babel sama-sama akan membangunan fasilitas transportasi laut yang menghubungi kedua provinsi, yakni di Kabupaten Mesuji (Lampung) dan Kabupaten Bangka Selatan (Babel).

    Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan sedang menyiapkan dermaga pelabuhan untuk memasok pangan dan komoditas ke Babel di Kecamatan Sungai Sidang, Kabupaten Mesuji.

    Dijelaskannya juga, Provinsi Lampung sangat strategis, pintu gerbang Pulau Sumatera yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatera serta jadi lintasan jalur laut kepulauan di Indonesia.

    "Lampung sendiri merupakan sentra penghasil padi di Indonesia. Pada tahun 2020, produksi daerah ini 2.650.290 ton atau meningkat 22.47 persen dari periode sebelumnya," ujarnya.

    Adapun sektor komoditi yang akan dikirimkan ke Bangka Belitung, katanya pangan, holtikultura, peternakan dan hasil perkebunan.

    Dengan adanya kerja sama ini, ia berharap menjadi solusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan strategis dan jasa antarkedua daerah dengan harga yang jauh lebih kompetitif.

    Untuk lebih mengkonkretkan kerja sama tersebut, antar-BUMD juga saling menandatangani kesepakatan kerja sama, yakni antara dua BUMD milik Pemprov Lampung dengan BUMD milik Pemprov Babel dalam sektor jasa pariwisata serta teknologi informasi dan komunikasi.

    MOU tersebut antara Dirut PT Wahana Rahardja Bolly Iskandar milik Pemprov Lampung dan Dirut PT Lampung Jasa Utama Bambang Murslin dengan Direktur PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera Prof Syafaruddin milik Pemprov Babel.

    Rombongan dari Lampung yang ikut menyaksikan kesepakatan antarkedua pemprov adalah Sekdaprov Fahrizal Darminto, MA; Kepada Bappeda Mulyadi Irsan, MT; Kadis Perindustrian dan Perdagangan Elvira Umihani, SP, MT.

    Lainnya, Kadis Perhubungan Bambang, SE, MA; Kadis Kominfotik Ganjar Jationo, SE, MAP; Kadis Kelautan dan Perikanan Ir. Liza Derni, MM; Kadis Peternakan dan Kesehatan Ir. Lili Mawardi, MSi.

    Selain itu, hadir Pangdam II Sriwijaya Mayjend TNI Agus Suhardi, Forkopimda Babel, Bupati Belitung, Wakil Bupati Belitung Timur, Kepala Bank Indonesia Lampung, Kepala Bank Indonesia Babel, dan para kepala perangkat daerah Babel.

    (Tobing A) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini