• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Majapahit di Trowulan Mojokerto

    Sabtu, 18 September 2021, 06:36 WIB Last Updated 2021-09-17T23:36:45Z
    -
    -



    Mojokerto | BNRI NEWS

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerjanya ke Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jum’at (17/9/2021).
    Dalam kunjungannya ke Bejijong, Sandiaga Uno berkeliling melihat langsung rumah-rumah bergaya Majapahit dengan menaiki delman. Ada sekitar 94 rumah bercorak Majapahit yang ada di kampung tersebut yang telah dibangun dengan biaya dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur bersama Pemkab Mojokerto tahun 2015 silam. Tujuan dibangunnya kampung tersebut agar menjadi ikon wisata peninggalan Majapahit.
    Rombongan Menparekraf sampai di Mahavihara Mojopahit disambut dengan tarian tradisional Mayang Rontek, dan teaterikal Sumpah Palapa Patih Gajah Mada. Disamping itu sejumlah seni budaya juga disuguhkan dalam penyambutan tersebut seperti: bantengan, kuda lumping dan tarian dolanan yang diperankan oleh anak-anak.

    Dengan didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Sandiaga berjalan kaki mengelilingi vihara dan melihat-lihat patung Budha tidur terbesar di Tanah Air. Dilanjutkan melihat langsung proses pembuatan patung kuningan, patung batu, patung terakota dan batik tulis Majapahit.
    Tak lupa rombongan juga mengunjungi Pasar Rakyat Kampung Majapahit, yang menjajakan aneka kuliner mulai dari telor asin asap, es ketan, ayam ungkep kemaron, getuk, manisan buah serta minuman secang.
    Sandiaga sangat terkesan, sehingga dia memborong berbagai makanan yang dijajakan oleh ibu-ibu warga Bejijong.
    “Alhamdulillah, ditengah pandemi ini Desa Wisata Majapahit Bejijong ini masuk 50 desa wisata terbaik se-Indonesia,” ujar Sandiaga kepada para wartawan.

    Sandiaga menegaskan, Desa Bejijong akan menjadi satu prioritas Kementriannya untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Masih banyak yang harus ditingkatkan, mulai dari sarprasnya dan produk ekonomi kreatifnya.
    “Bejijong ini mempunyai keunikan yang spesifik dan merupakan kearifan lokal, toleransi agamanya kuat, meskipun 95% penduduknya muslim tetapi ada vihara di tengah pemukiman, saling berdampingan dan saling support. Inilah mengapa saya prioritaskan untuk ditingkatkan, dan menjadi catatan luar biasa bagi saya,” sambung Sandiaga.

    Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengharapkan agar Desa Bejijong bisa dikembangkan secara maksimal sebagai desa wisata kampung Majapahit, karena banyak peninggalan kerajaan Majapahit di Bejijong.

    Sebelum mengakhiri kunjungannya, Sandiaga Uno menandatangani prasasti penetapan Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong dan menyerahkan piagam penghargaan desa Bejijong sebagai 50 desa wisata terbaik se-Indonesia. 
    Sandiaga juga menerima cendera mata patung Budha Tidur dari pengurus vihara, serta mendapat batik Majapahit dari Bupati Mojokerto.

    (Red/Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini