• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kuliah Online Sambil Mengabdi Pada Masyarakat

    Kamis, 26 Agustus 2021, 09:51 WIB Last Updated 2021-08-26T03:01:48Z
    -
    -



    Makassar,BNRI_News

    Tampak dalam dalam foto adalah Mahasiswa Kedokteran Unhas yg sedang mengikuti kuliah On Line. Kali ini mereka berkelompok karena kadang disertai diskusi. Untuk memaksimalkan audio dan agar suara dosen terdengar dengan baik maka dipasanglah 1 speaker yg besar sehingga suaranya jelas terdengar satu ruangan. 

    Kuliah secara virtual seperti ini sudah berlangsung lebih satu tahun. Ujian pun via daring, sebagian besar sudah lulus, kemudian dilanjutkan dgn kuliah lain pada semester berikut.

    Kuliah via On Line seperti ini merupakan kebijakan pemerintah utk meminimalkan kontak demi mengendalikan penyebaran virus corona. 

    Saya kira suasana perkuliahan seperti ini dimasa pandemi sudah biasa, bahkan pada siswa SD, SMP dan SMA sekalipun. Yang tidak biasa adalah para peserta kuliah yg tampak di video ini adalah relawan covid-19 Sulsel yg tergabung dalam Tbm Calcaneus FK Unhas yg sementara bertugas di Kawasan Karantina Terpadu BBPK Antang Makassar, kata dr Hisbullah Amin. 

    Tujuan kuliah On Line untuk menghindari virus tetapi adik-adik mahasiswa ini justru ada disarang virus, melayani dan bersentuhan langsung dgn pasien positif covid-19. 

    Disamping mereka sudah tersedia dus nasi sarapan yg siap didistribusikan ke kamar-kamar peserta isolasi. 

    Tim yang akan pemeriksaan kesehatan juga sudah siap, tentu saja yang tidak ada jadwal kuliah pada waktu yang sama. Dibagian lain teronggok logistik dan obat-obatan di lemari yang tertata dengan rapi. 

    Apakah mereka sadar dengan  resiko yang akan mungkin terjadi?. Beban kuliah yg berat, bisa-bisa tidak lulus karena harus berbagi waktu. Resiko tertular virus juga senantiasa mengintai. 

    Saya sudah tanyakan ke mereka tentang semua resiko itu, tetapi mereka diam saja pertanda mereka yakin dengan pilihan perjuangan ini. 

    Inilah mahasiswa calon pemimpin masa depan yg berjuang mempersiapkan diri dengan membekali diri, pengetahuan dan keterampilan agar menjadi profesional di bidang kesehatan.
    Dan pada waktu yg sama meluangkan waktu untuk belajar berbagi, belajar untuk menjadi orang yang peduli, belajar untuk menjadi orang yang peka, belajar menjadi orang yang berani mengambil resiko, belajar menjadi orang yg sabar dan tabah serta ikhlas.

    Semoga adik-adik mahasiswa ini dikuatkan dan dilindungi.
    Aamiin

    Red. SamsulHadi
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini