• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Wakil Bupati Frederik Viktor Palimbong bersama Forkopimda Toraja Utara Beserta Instansi Terkait Menghadiri Apel Siaga HKBN dan Gerakan Pangan Murah

    Redaksi
    Selasa, 02 April 2024, 14:30 WIB Last Updated 2024-04-02T07:30:39Z
    -
    -




    Toraja Utara | BNRI NEWS


    Bersama 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia, Toraja Utara ikuti Apel Siaga HKBN & Gelar Gerakan Pasar Murah
    Dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yakni Idul Fitri tahun 2024, Forkopimda Kabupaten Toraja Utara beserta instansi terkait, menghadiri Apel Siaga HKBN dan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kantor Kecamatan Tikala, Senin (1/4) secara hybrid [online dan onsite] difasilitasi oleh Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Toraja Utara. Kegiatan dalam rangka Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan seperti ini, juga dilakukan secara serentak di 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

    Menurut Wakil Bupati Toraja Utara Ir. Frederik Victor Palimbong, S.T, M.Ak. saat meninjau GPM di halaman kantor Kecamatan Tikala mengungkapkan, pada saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri, permintaan kebutuhan bahan pokok masyarakat cenderung meningkat, sehingga berdampak pada kenaikan harga. Lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat.

    “Melihat fenomena terjadinya lonjakan harga selama beberapa waktu terakhir, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara bekerjasama dengan Bulog dan distributor menggelar Gerakan Pangan Murah,” ungkapnya.

    Menurut Wakil Bupati, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga barang kebutuhan pokok serta mendekatkan produsen kepada konsumen. Selain itu diharapkan dapat membantu warga Toraja Utara khususnya di Kecamatan Tikala  dan sekitarnya dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau.


    Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Paulus Batti mengatakan bahwa untuk menjaga ketahanan pangan, pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat.

    “Komoditas pangan pokok dan strategis yang diperlukan untuk kegiatan Gerakan Pangan Murah antara lain beras, gula, minyak goreng. Selain itu komoditas lain seperti cabai, bawang merah, dan telur ayam,” jelasnya.

    Selain dilaksanakan di Kecamatan Tikala Gerakan Pangan Murah juga telah dilaksanakan di beberapa Kecamatan lainnya di Toraja Utara dan akan terus dilaksanakan sampai beberapa waktu ke depan di kecamatan-kecamatan lainnya.


    ( Amos )
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini