• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Orientasi Implementasi Kesehatan Jiwa di Kalangan Anak Sekolah Dalam Pencegahan Pada Usia Remaja

    Redaksi
    Kamis, 13 Juli 2023, 23:25 WIB Last Updated 2023-07-13T16:25:57Z
    -
    -






    Toraja Utara | BNRI NEWS

    Direktorat Kesehatan jiwa (Ditkeswa) Kementrian Kesehatan RI menjadikan Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja sebagai pilot project pencegahan kasus Bunuh Diri (budir) Nasional ,dengan menerapkan model intervensi pencegahan kasus bunuh diri di sekolah-sekolah.

    Salahsatu Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni dr. Diana Papayungan, S.pKJ kepada Palopo pos Rabu,12 Juli 2023 mengatakan kami melaksanakan Orientasi implementasi kesehatan jiwa selama dua hari di Heritage Hotel untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru-guru, siswa dan pengelola program kesehatan mental masyarakat dari setiap puskesmas se Kabupaten Toraja Utara.

    "Kegiatan ini adalah kegiatan Orientasi implementasi kesehatan jiwa di sekolah, dalam pencegahan bunuh diri pada remaja. Dan bagi pengelola keswa dan petugas UKS di Puskesmas, pelaksana UKS dan Guru NK di Sekolah. Sehinggah kedepannya kesehatan jiwa dapat di implementasikan agar Budir di Toraja tidak ada lagi" jelas dr.Diana Papayungan,S.pKJ .

    Sementara dr.Edward Mangiri,S.pKJ dari  Kementria Direktorat Kesehatan jiwa (DITKESWA) Kementrian Kesehatan RI yang juga sebagai narasumber dalam kegiatan itu melalui sambungan telepon selulernya mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari peningkatan kesehatan jiwa di sekolah, karena di Toraja Utara dan Tana Toraja itu kasus bunuh diri dalam beberapa Tahun ini ada peningkatan kasus yang cukup signifikan sehingga dibuat juga pencegahan bunuh diri pada remaja.




    "Kegiatan ini, sebenarnya ingin memberikan peningkatan literasi kesehatan jiwa bagi anak sekolah khususnya di tingkat SMP dan SMA yang merupakan usia remaja. Nah bagaimana kita mencegahnya tentunya dengan memberikan pelatihan live skill kepada Guru dan Perwakilan remajanya serta petugas Puskesmas di wilayah kerjanya "

    Pelatihan live skill ini lanjut dr. Edward Mangiri.S.pKJ bahwa tujuannya supaya remaja-remaja kita ini memiliki ketangguhan rasa percaya diri yang tinggi dan memiliki kemampuan secara sosial yang bagus.

    "Diharapkan guru -guru nantinya bisa menerapkan ini kepada siswa-siswanya, sekaligus dia sebagai konselor bagi siswa -siswanya .Nah jika hal ini bisa berjalan dengan baik,maka remaja -remaja kita ini dapat memiliki kesempatan jiwa yang kuat, mental yang tangguh dalam mengahadapi berbagai tantangan hidup ini" pungkasnya.


    Kegiatan tersebut anggarannya dari Kemenkes RI dan di laksanakan selama dua hari yakni Rabu 12 -13 Juli 2023 di Heritage Hotel, dimana selaku pelaksana kegiatan yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, dan pesertanya diataranya perwakilan dari Sekolah SMA, Perwakilan dari SMP, perwakilan Guru dan Perwakilan dari Puskesmas. 


    (MOS 08)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini