• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sejarah Singkat Lahirnya GAL Gerakan Anti Lapar SulSel

    Redaksi
    Sabtu, 01 April 2023, 17:52 WIB Last Updated 2023-04-01T10:52:02Z
    -
    -



    Makassar  |  BNRI NEWS


    GAL (Gerakan Anti Lapar) yang diinisiasi oleh BPK Drs. H. Burhanuddin B., MA. berdiri sekitar 3 tahun lalu adalah merupakan ide iseng yang muncul dari sharing-sharing santai antar teman-teman di Rumah Bpk Muchtar Laganja yang kemudian di lanjutkan di  WARKOPnya Pak Iwan di Pare-Pare.

    Di sini kami oleh teman bernama Khalid di pertemukan sekelompok anak muda yang mengatasnamakan diri dari komunitas PASKAS (Pasukan Amal Shaleh). Dari bincang-bincang ini Khalid bercerita bahwa kami baru saja melakukan kegiatan bagi-bagi Nasi Dus sebanyak kurang lebih 500 dus, kegiatan ini kami beri nama PAMULA (Pare-Pare Mustahil Lapar).

    Saya mendengarkan kegiatan yang hebat ini tertarik dan punya niat besar untuk juga melakukan kegiatan yang sama tapi nama yang berbeda di Daya-Makassar. Maka sepulang dari Pare-Pare niat saya itu langsung saya sampaikan sama teman-teman tapi tidak ada satupun dari teman-teman waktu itu merespon hingga ide ini saya sampaikan sama keluarga dan alhamdulillah keluarga sangat menyambut dengan baik.


    Pada hari Rabu saya pun membuat konten berupa ajakan, yuk, mariki berdonasi, bersedekah nyumbang nasi dus Rp. 15.000,-/dus dan Alhamdulillah ada terkumpul Rp. 1.500.000,- yang artinya bisa mendapatkan/menyediakan 100 Nasi Box.

    Itulah awal mula terbentuknya GAL Gerakan Anti Lapar tutur Bpk H. Bur sebagai inisiator yang katanya Alhamdulillah kini sudah berjalan hampir tiga  tahun.

    GAL di Tahun pertama menfokuskan pada area seputar Pasar Pusat Niaga Daya, Masjid Baabur Rizqi serta area panti asuhan, pondok tahfidz yatim piatu di wilayah Daya, Kecamatan Biringkanaya.

    Tahun kedua GAL memperluas jangkauan penyebaran pembagian Nasi Box di beberapa titik, baik di area masjid  maupun sepanjang jalan dimana banyak ditemui para musyafir dan pekerja jalanan seperti tukang becak, ojek online serta kuli bangunan dan para sopir angkot Pete Pete.


    Kini GAL semakin besar dan meluas jangkauannya, berkat kerjasama dan partisipasi banyak pihak baik donatur perorangan maupun majelis taklim ibu ibu, pengurus LSM BPPI Sulsel serta para pengurus NURUL HAQ Mabbiritta DPD Sulawesi Selatan.

    Kegiatan sosial peduli sesama dengan membagikan nasi Box lengkap lauk siap santap ini, semoga menginspirasi banyak pihak untuk berbuat yang sama, di daerah masing masing Mari peduli mari berbagi.


    (Boer77/SH)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini