• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Haris Setiawan, Ketua RW 07 Jatirahayu, Pondok Melati, Menginisiasi Bantuan Sosial Korban Gempa Cianjur Melalui 5 (Lima) RT di Bawah Lingkungannya

    Selasa, 06 Desember 2022, 06:22 WIB Last Updated 2022-12-11T01:35:24Z
    -
    -



    Kota Bekasi | BNRI NEWS

    Para RT bersama pengurus bertandang langsung menuju dua wilayah yakni Sukabumi dan Cianjur yang menjadi pusat gempa di Kecamatan Cugenang, pada Kamis 1 Desember 2022 untuk menyampaikan bantuan.

    Persiapan keberangkatan dihadiri Lurah Jatirahayu, H Ferry Prihadi Kurniawan, SE bersama staff.


    Pada kesempatan tersebut, H Ferry memberikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih kepada warga lingkungan RW 7 Jatirahayu yang telah peduli dengan para korban gempa. “Kami selaku Lurah Jatirahayu memberikan apresiasi sekaligus terimakasih atas kekompakan warga Jatirahayu, khususnya lingkungan RW 7 yang bahu membahu memberikan bantuan kepada saudara sesama yang sedang terkena musibah gempa”, ucapnya dalam memberikan pengantar sebelum keberangkatan tim.

    Sampai di Sukabumi bantuan diserahterimakan melalui RT setempat, untuk selanjutnya akan diteruskan kepada warga yang terdampak di daerah Cijedil, kecamatan Cugenang.

    Sementara itu para RT dan rombongan langsung menuju ke wilayah Cianjur yang menjadi pusat gempa.

    Hari ke 12 paska gempa di tengah siang yang redup oleh mendung rombongan sampai ditempat lokasi.

    Menyusuri parit pinggir sawah diantara kepingan bangunan terserak di Desa Nagrek, Cirumput, yang terletak jauh kedalam, di wilayah Kecamatan Cugenang.

    Gempa dahsyat dengan kekuatan Magnitudo 5,6 di kedalaman 10km yang mengguncang wilayah Cianjur dua pekan lalu telah meluluhlantakkan ratusan bangunan, mengakibatkan tanah longsor, sedikitnya 331 warga tewas, 11 dinyatakan hilang.

    Bantuan sembako di wilayah Cianjur diserahkan di Desa Nagrek, Cirumput, Cugenang yang dihuni oleh 124 keluarga dengan jumlah jiwa 420 jiwa. Terdiri dari 81 anak anak, 34 balita, dewasa 180, 125 lansia. Dari jumlah tersebut sedikitnya terdapat korban meninggal 6 orang, luka parah 35 orang, luka ringan 50 orang. Sementara itu terdapat 119 bangunan rusak parah, 5 bangunan rusak ringan.

    Bantuan diterima oleh pengurus PKK setempat. Dalam kesempatan tersebut Bp. Nanang, selaku RT mengucapkan terimakasih atas kepedulian yang diberikan khususnya kepada warga Nagrek.
    Dalam diskusi bertempat di posko relawan bersama warga setempat diperoleh informasi perihal bantuan yang mendesak dibutuhkan dalam minggu minggu kedepan antara lain, tenda/terpal, obat obatan, kebutuhan mandi, makanan serta pakaian anak2/bayi.




    Hal tersebut mengingat pengalaman pada bencana yang selama ini terjadi. Bahwa setelah minggu kedua paska gempa para korban mulai kelelahan, kurang tidur, tempat lembab kondisi tubuh drop, mudah terserang berbagai penyakit.


    (Mary RW 07/Taufik)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini