• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Hadiri Kesiapan Pelaksanaan Ops Lilin 2022, Bupati Toraja Utara Pimpin Apel Gelar Pasukan di Halaman Mapolres

    Kamis, 22 Desember 2022, 15:12 WIB Last Updated 2022-12-22T08:12:53Z
    -
    -



    Toraja Utara  |  BNRI NEWS


    Jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polres Toraja Utara bersama Instansi Lintas Sektoral Kabupaten Toraja Utara melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat “Lilin 2022” di Halaman Mapolres Toraja Utara, Kamis (22/12/2022) pagi.

    Bertindak selaku pimpinan apel Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, SE., M.Si didampingi Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.IK bersama Dandim 1414/Tator Letkol Inf. Monfi Ade Candra, S.I.P., M.Han, dengan perwira apel Kasat Lantas Polres Toraja Utara AKP Ahmadin serta Komandan Apel Kanit Regident Polres Toraja Utara IPTU Yusri, S.Pd., S.M., M.H.

    Adapun peserta Apel Gelar Pasukan yang terdiri dari Personel Kodim 1414/Tator, Personel Sat Lantas, Personel Sat Samapta, Personel Gabungan Staf Polres Toraja Utara, Personel Gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta Organisasi Pemuda Pancasila Dan FKPPI.


    Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan dilakukan penyematan pita tanda Operasi Lilin 2022 secara simbolis kepada perwakilan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan oleh Bupati Toraja Utara didampingi Kapolres Toraja Utara serta Dandim 1414/Tator.

    Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, SE., M.Si dalam kesempatannya membacakan amanat dari Bapak Kapolri mengungkapkan bahwa apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin 2022 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesian merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan seluruh pihak terkait maupun sarana prasarana. Dengan harapan pengamanan perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 dapat terselenggara secara optimal dan sinergi.

    Khusus pengamanan ibadah Natal, pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan pengamanan yang ketat melibatkan pihak terkait termaksud elemen Masyarakat dan Ormas Keagamaan sebagai bentuk toleransi beragama demi terwujudnya ketenangan dan rasa aman dalam merayakan Natal 2022, jelasnya.

    Selanjutnya, untuk pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait, terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Hal ini guna mengantisipasi potensi kerumunan yang dapat menimbulkan korban.

    Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Saya yakin, dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka Masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita, terangnya.

    Dalam Kesempatan yang sama, Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, S.I.K menjelaskan bahwa Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Lilin 2022 dilaksanakan selama 11 hari yang dimulai dari tanggal 23 Desember 2022 hingga 02 Januari 2023. Dalam Operasi ini Polres Toraja Utara menerjunkan 150 personel yang disebar menempati 3 Pos Pelayanan, 4 Pos Pengamanan, Gereja-Gereja, serta Tim Patroli Mobile.

    Untuk 3 Pos Pelayanan yang dimaksud yaitu Pos Pelayanan Rantepao bertempat di Pos Lantas Rantepao (Kandean Dulang), Pos Pelayanan Nanggala bertempat di Kel. Sangpiak Salu Kec. Nanggala (Jalan Penghubung Rantepao-Palopo), serta Pos Pelayanan Tadongkon yang bertempat di Perbatasan Kabupaten Toraja Utara-Tana Toraja. Sedangkan untuk 4 Pos Pengamanan Kami dirikan pada lokasi obyek wisata seperti Obyek Wisata Ke’te Kesu’, Obyek Wisata Londa, Obyek Wisata Lempe/Lolai, dan Obyek Wisata To’Tombi.


    Kepada seluruh Personel yang terlibat dalam Operasi Lilin 2022 di Kabupaten Toraja Utara, Saya berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini, tutupnya. 


    (AM)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini