• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sosialisasi, Edukasi, Simulasi dan Mitigasi, Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

    Sabtu, 19 November 2022, 12:36 WIB Last Updated 2022-11-19T05:36:19Z
    -
    -



    Luwu Timur | BNRI NEWS

    Kepala Desa Ledu Ledu dalam arahannya menyampaikan rasa Terimakasih kepada Pihak Pemerintah kabupaten Luwu Timur dan juga kepada Pemerintah Kecamatan serta para Narasumber yang telah memberikan dukungan terselenggaranya kegiatan "DESTANA", Kepala Desa Ledu Ledu juga menyampaikan, harapan kepada semua peserta agar bisa semangat dan serius dalam mengikuti pelatihan, sehingga nantinya dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh ditengah masyarakat nantinya jika terjadi bencana, tidak saja di Desa Ledu Ledu tapi di manapun dan kapan jika dibutuhkan.

    Warga Desa Ledu Ledu Antusias Mengikuti Simulasi DESTANA, Desa Tangguh Bencana yang rencananya akan dilaksanakan selama dua hari (17 - 18) November 2022 di Aula dan halaman kantor Desa Ledu Ledu, kegiatan ini akan di ikuti oleh peserta sebanyak 45 orang. Pembukaan pelaksanaan kegiatan oleh Kordinator DESTANA Kecamatan Wasuponda, Andrie Firdaus mewakili Kepala Pemerintahan Kecamatan Wasuponda.

    Giat ini di inisiasi oleh BPBD Luwu Timur, bekerja sama dengan PMI Luwu Timur dan Basarnas Perwakilan Kendari, serta pemerintah Desa dan Kepala pemerintah Kecamatan Wasuponda, sebagai tindak lanjut dari hasil Rapat pembahasan Sosialisasi, Edukasi dan Simulasi serta Mitigasi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana oleh  para Kepala Desa se Kecamatan Wasuponda pada tanggal 17 November 2022.

    Adapun yang hadir dalam pembukaan kegiatan, Wakil Ketua PMI Luwu Timur Madras, kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Luwu Timur Bannawati ,ST, Kepala Desa Ledu Ledu A Achmad ,S.AN beserta staf, Kepala UPTD SDN 258 Sinongko Hasmiati Abby ,S.Pd,MM.Pd, segenap anggota BPD Desa Ledu ledu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, masyarakat Desa Ledu Ledu, dan Organisasi yang  bergabung sebagai peserta Pelatihan .


    Dasar Pelaksanaan kegiatan tersebut diantaranya tertuang dalam Undang Undang Penanggulangan Bencana No 24 Tahun 2007, Peraturan Pemerintah No 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Peraturan Presiden 87 tahun 2020 tentang Rencana Tindak Penanggulangan Bencana.

    Dalam pelaksanaan Pelatihan Desa Tangguh Bencana selama 2 hari, peserta mendapat materi pelatihan : 
    "Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mwnghadapi Potensi dan Ancaman Bencana" oleh Kasi Trantibum BPBD Luwu Timur  Bannawati ,ST, Assesmen penanggulangan  di Desa oleh Pengurus PMI Luwu Timur Andi Aswadi, Pembinaan / Simulasi Penanggulangan Bencana oleh Korpos Basarnas Perwakilan Kendari Laode Bohari, Pembinaan / Simulasi Pertolongan  Pertama pada Bebcana oleh Laode Bohari / Andi Aswadi, Pembinaan Kepemimpinan dan Dinamika Kelompok oleh Kasi Trantibum BPBD Luwu Timur Bannawati ,ST, 
    Kegiatan dan Rekimendasu oleh Bannawati ,ST / Laode Bohari.

    Pada hari Kedua Pelaksanaan Pelatihan (DESTANA) perserta masih tetap semangat dan antusias dalam mengikuti / memerankan Skenario, Simulasi, Pergerakan dan Penugasan Tim Relawan Bencana Desa. Di pandu oleh Para Nara sumber dan  Pelatih.


    Menjelang Penutupan Kegiatan Desa Tangguh Bencana, Kordinator Destana Kecamatan  Wasuponda yang mewakili Kepala Pemerintahan Kecamatan Wasuponda, dalam arahannya bahwa  kegiatan Pelatihan DESTANA Desa Ledu Ledu berjalan lancar dan sukses, semoga ilmu pengetahuan yang diperoleh para peserta selama kegiatan, senantiasa bisa di inplementasikan di tengah Masyarakat jika terjadi suatu bencana / musibah dalam bentuk apapun, tidak saja di Desa Ledu Ledu tapi  di manapun  tempat dan Lokasi kejadian Senantiasa menjalin kerjasama dengan setiap Tim Relawan. Juga menyampaikan rasa terimakasih kepada segenap Narasumber dan Pelatih yang telah memberikan pelatihan kepada peserta dan juga Terimakasih kepada warga Masyarakat yang telah bersedia dan meluangkan Waktunya mengikuti pelatihan.

    Pelatihan ditutup oleh Kordinator DESTANA Kecamatan Wasuponda, Andrie  Firdaus  pada hari jumat 18 November 2022 jam 16.00 Wita.

    (Abd.Rasyid)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini