• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sosialisasi, Edukasi, Simulasi dan Mitigasi, Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

    Rabu, 16 November 2022, 19:23 WIB Last Updated 2022-11-16T12:23:50Z
    -
    -



    Luwu Timur  | BNRI NEWS

    Warga Desa Wasuponda Antusias Mengikuti Simulasi DESTANA (Desa Tangguh Bencana) yang di laksanakan selama dua hari  di Aula dan halaman  kantor Desa Wasuponda sejak Tanggal 15 - 16 November 2022  jam 09.00 Wita. Pembukaan pelaksanaan kegiatan oleh Plt BPBD Luwu Timur Drs Masdin,M.Si.

    Giat ini di prakarsai oleh Kepala Desa Wasuponda Ananias Ganna ,A.Md, sebagai tindak lanjut  dari hasil Rapat pembahasan Sosialisasi, Edukasi dan Simulasi serta Mitigasi Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana oleh  para Kepala Desa se Kecamatan Wasuponda pada tanggal 17 November 2022.

    Kegiatan DESTANA diikuti sebanyak kurang lebih  50 orang peserta yang terdiri dari Aparat Desa, BPD Desa, Ketua K3S Kecamatan Wasuponda, Karang Taruna  dan Warga Masyarakat Desa Wasuponda.
     
    Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan Basarnas Luwu Timur, PMI Luwu Timur, BPBD Luwu Timur, adapun yang hadir dalam Pembukaan Kegiatan tersebut Masing masing Kepala Desa Wasuponda Ananias Ganna ,A.Md, Kordinator Destana Kecamatan Wasuponda Andre Firdaus, Kepala UPTD SDN 258 Sinongko Hasmiati Abby ,S.Pd.MM.Pd, Plt  BPBD Luwu Timur Drs Masdin,M.Si, Kepala Bidang BPBD Luwu Timur Maria Claret Nita ,ST, Tokoh Agama Rahim ,S.Pd, Tokoh Masyarakat, Korpos Basarnas Luwu Timur Laode Bohari, PMI Luwu Timur Andi Aswadi, Irsal dan segenap peserta.

    Dalam pelaksanaan  Pelatihan Desa Tangguh Bencana selama 2 hari, peserta mendapat materi pelatihan berupa, skenario Simulasi Bencana, Skenario pelaporan bencana, Pergerakan dan penugasan Tim Relawan Bencana Desa, Brifieng Tim Relawan dan pembagian tugas pertolongan dan Evakuasi, Pertolongan Pertama dan Evakuasi Korban, Laporan Pelaksanaan Pertolongan dan Evakuasi.

    Menjelang Penutupan Kegiatan Desa Tangguh Bencana, Ketua Destana Desa Wasuponda, Kecamatan Wasuponda, Syarifuddin menyampaikan  pesan dan Kesan mewakili Peserta bahwa sangat bersyukur dan berterima kasih karena bisa mendapatkan pengetahuan sekaligus mempraktekkan Simulasi bagaimana cara menanggulangi dan memberikan pertolongan kepada korban Bencana jika Itu Terjadi .

    Kepala Desa Wasuponda Ananias Ganna dalam arahannya sebelum menutup Pelatihan Menyampaikan kepada peserta untuk senantiasa berkoordinasi dengan pihak pemerintah Desa dan tetap menjalin kerja sama antar peserta pelatihan dan selalu siaga dalam kondisi apapun, sehingga ilmu yang didapatkan senantiasa bisa di amalkan di tengah Masyarakat yang tertimpa bencana tidak saja di Desa Wasuponda, tetapi dimana saja dan kapan saja harus selalu siap. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Luwu Timur, pemerintah Kecamatan Wasuponda yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, juga kepada Instruktur dari Pihak PMI Luwu Timur, Basarnas Luwu Timur, BPBD Luwu Timur yang telah memberikan Pelatihan kepada Warga Masyarakat.


    Motivasi dan harapan yang di sampaikan Bapak Ananias Ganna sebagai Kepala Pemerintahan Desa Wasuponda kepada Awak Media, bahwa beliau termotivasi dengan kondisi yang ada dan sering terjadi di setiap wilayah jika terjadi bencana ataupun musibah senantiasa penanganannya lambat, dan harapan saya dengan adanya  pelatihan ini Masyarakat senantiasa selalu siap sebagai Garda terdepan dalam memberikan pertolongan, tentunya bekerja sama dengan segenap tim yang terlibat.

    Pelatihan ditutup oleh Kepala Desa Wasuponda pada Rabu 16 November 2022 jam 12.30 Wita.

    (Abd.Rasyid)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini