• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Wakapolres Jadi Irup dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 di Mapolres Toraja Utara

    Sabtu, 29 Oktober 2022, 12:43 WIB Last Updated 2022-10-29T05:43:56Z
    -
    -



    Toraja Utara  | BNRI NEWS



    Memperingati  hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober setiap tahun, Jajaran Kepolisian Resor Toraja Utara (Polres Torut) menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 yang digelar di Halaman Mapolres Toraja Utara, Jumat (28/10/22) pagi.

    Dalam upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara Wakapolres Toraja Utara Kompol Marthen Buttu, Perwira Upacara Kasat Binmas Akp Lewi Tandi Arung, dan Komandan Upacara Iptu Yusri, S.Pd., S.M., M.H.

    Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 kali ini, mengusung tema “BERSATU BANGUN BANGSA” dengan dihadiri dan diikuti oleh para Kabag, para Kasat, para Kapolsek Jajaran, para Kasi/Kasubag, serta para Perwira dan Bintara Personel Polres Toraja Utara.

    Pada pelaksanaan Upacara diawali Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan mengheningkan Cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Irup, kemudian pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928, selanjutnya mengumandangkan lagu Satu Nusa Satu bangsa dan lagu Bangun Pemudi Pemuda, serta Amanat disampaikan Inspektur Upacara.

    Wakapolres Toraja Utara Kompol Marthen Buttu selaku Inspektur Upacara, membacakan serta menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada intinya, “Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME yang telah memberi limpahan rahmat dan karunianya sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat melaksanakan Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 Tahun 2022”.

    Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun ini mengambil tema “BERSATU BANGUN BANGSA”, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa dan juga upaya kita menghadirkan sejarah Bangsa masa lalu untuk kita renungkan, kita pelajari, menjadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju Visi bangsa yang besar, ucapnya.


    Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan  menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

    Lebih lanjut Wakapolres mengatakan, Peringatan hari Sumpah Pemuda ini memiliki arti penting karena ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah Bersatu Bangun Bangsa, Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia dan inilah yang menjadi yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa.

    Pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya, Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting pembangunan Bangsa tetapi juga menjadi tulang punggung untuk jejayaan Bangsa sepanjang masa, tegasnya.

    Kita patut bersyukur, pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi diberbagai bidang yang membanggakan, hal ini menjadi modal membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan akan datang.


    Juga disinggung bermula dari titik nol pembangunan Ibu Kota Nusantara, mengajak seluruh elemen Bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bersama bergerak mendorong pemuda Indonesia mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa, Semoga Tuhan yang maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan Bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia, tutup Wakapolres Toraja Utara. 



    (AM)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini