BELANEGARA NEWS

Reportase Intelijen - Berkarakter Berjatidiri Bangsa

  • Jelajahi

    Copyright © BELANEGARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Peduli Lingkungan, LDII Takalar Kerjasama Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah

    Sabtu, 01 Oktober 2022, 16:39 WIB Last Updated 2022-10-01T09:40:22Z
    -
    -




    Makassar | BNRI NEWS


    Kesehatan lingkungan merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh seluruh pihak, tidak terkecuali masyarakat. Penyebaran sampah  sendiri semakin banyak terjadi di berbagai lokasi seperti di Indonesia.

    Sampah-sampah yang seharusnya dibuang ke tong sampah. Sehinnga dapat diangkut petugas pengangkut sampah yang nantinya dibawa ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sampah yang ada di TPA nantinya diolah, atau dihancurkan, dibentuk kembali menjadi bahan yang berguna.
    Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan.

    Mencermati kondisi tersebut maka perlu langkah konkrit untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Sejalan dengan itu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Takalar bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Pattalassang serta Pemerintah Kelurahan Sombalabella, menggelar Sosialisasi Pengelolahan Sampah.

    Kegiatan yang bertema "Mari kita jadikan lingkungan kita bersih,Indah,Asri dan Nyaman" diselenggarakan pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022, bertempat di Aula Kantor PKK Kelurahan Sombalabella dan dihadiri oleh Camat Pattalassang, Ketua TP PKK Kecamatan Pattalassang, Direktur Bank Sampah Takalar selaku Pamateri Kegiatan,  Lurah Sombalabella, Bhabinsa, Bhabinkantibmas, Imam Kelurahan, Kepala Lingkungan, serta Tokoh Masyarakat dan warga sekitar.

    Acara dimulai dengan sambutan Camat Pattalassang, Muhammad Syarif S.Pi sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah. Dalam sambutannya Syarif mengingatkan bahwa dalam pengelolaan sampah harus lakukan secara kompak, sehingga terciptanya Gerakan Masyarakat Tangkasa Na Gammara (Gema Tasamara) sesuai salah satu program Unggulan Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Takalar, himbaunya.

    Beliau juga sangat mengapresiasi program dan kontribusi LDII di dalam membantu pemerintah “ Selaku Kepala Pemerintah kecamatan Pattalassang  juga berterima kasih kepada DPD LDII yang peduli pada lingkungan terkhusus di dalam pengelolaan sampah” jelasnya.
    Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Takalar, Muhammad Syahrul. Beliau berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk menggaungkan semangat warga dalam memilah sampah agar keberadaan sampah menjadi berkah bukan musibah.

    Syahrul menambahkan bahwa “LDII mempunyai 8 bidang pengabdian yang dapat disinergikan dengan pemerintah dan instrument lain agar Indonesia mampu memanfaatkan dan mengelola sumber dayanya sehingga menjadi bangsa yang maju” tegasnya.

    Turut memberikan sambutan Lurah Sombalabella, Sultan.SP. Dalam pemaparannya Sultan menerangkan bahwa kegiatan pengelolaan sampah ini berlangsung selama 2 hari, yakni hari ini (Sabtu) dilaksanakan sosialisasinya dan dilanjutkan Aksi Pungut dan Pilah Sampah sepanjang jalan, dimulai dari Jalan Sultan Hasanuddin hingga jembatan Tala perbatasan Kabupaten  Takalar- Gowa.

    Pada kesempatan yang sama, Direktur  Bank Sampah Kab. Takalar, Ismail Doloming memberi gambaran tentang tata cara Pengelohan sampah dalam lingkungan bermasyarakat serta menyebutkan kegunaaan pemanfaatan pengolaaan sampah Organik dan Non organik.
    Ismail mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersahabat dengan Sampah, dalam rangka menjaga serta merawat lingkungan, juga memanfaatkan dan menjadikan sampah sebagai pundi - pundi rupiah bagi masyarakat, Ajaknya.

    (H. Joko) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini