• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bupati Mojokerto Pantau Langsung Pemeriksaan Hewan Qurban dan Pembagian Daging Qurban

    Minggu, 10 Juli 2022, 16:49 WIB Last Updated 2022-07-10T12:44:45Z
    -
    -


    Mojokerto | BNRI NEWS

    Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengikuti sholat Idul Adha di Masjid Syaiful Anwar, Desa Randegan kecamatan Dawarblandong berbaur dengan masyarakat.

    Setelah selesai melakukan sholat Ied,  Ikfina Fahmawati turun langsung memantau pemeriksaan hewan kurban. 
    Ikfina mengingatkan pelaksanaan Idul Adha 1443 H kali ini dalam situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), maka dalam memilih hewan korban harus benar-benar teliti.

    Ikfina langsung menuju ke salah satu titik penyembelihan hewan qurban di Desa Jerukseger, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Minggu (10/7/2022). 

    Bupati Ikfina memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) salah satu sapi yang akan disembelih.
    Sapi tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto untuk warga Kecamatan Gedeg. 

    Setelah hasil pemeriksaan antemortem dinyatakan sehat, sapi langsung disembelih oleh panitia pelaksana qurban.

    Organ dalam sapi langsung dikeluarkan dan dilakukan pemeriksaan postmortem oleh drh. Agoes Hardjito.
    “Hasilnya aman, tidak ada tanda-tanda kelainan, jadi bisa langsung didistribusikan seperti biasa tanpa ada perlakuan khusus. Seperti imbauan Ibu Gubernur Jawa Timur, pembagiannya nanti diupayakan jangan pakai plastik untuk pembungkus daging. Diganti ya, pakai daun atau apa yang penting jangan plastik. Ini untuk mengurangi sampah plastik,” kata Ikfina.

    Lebih lanjut, Ikfina mengimbau seluruh masyarakat agar pelaksanaan qurban kali ini, terutama proses pembagian daging qurban, tidak menggunakan plastik. Ikfina memastikan proses pengemasan dan distribusi daging qurban ini menggunakan kemasan non-plastik seperti daun jati atau anyaman bambu.


    Di Desa Jerukseger, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, ada tiga ekor kambing dan tiga sapi yang disembelih oleh panitia pelaksana qurban. Salah satu sapi merupakan hibah dari Pemkab Mojokerto.

    Pada kesempatan ini, Bupati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Mojokerto, Teguh Gunarko, Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto, Nurul Istiqomah, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Yo’i Afrida serta Camat Gedeg M.Tauffiqurahman.

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini