• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Orang Tua Terkasih dari Felicitas Tallulembang dan Firmina Tallulembang, Alm. Johanis Palayukan Tallulembang, Persiapan untuk Prosesi Pemakaman di Bulan Juli Mendatang

    Selasa, 10 Mei 2022, 18:23 WIB Last Updated 2022-05-10T11:23:08Z
    -
    -





    TORAJA | BNRI NEWS


    Kata Rambu Solo' tak asing lagi bagi orang Toraja dimanapun berada. Rambu Solo' adalah upacara adat keluarga Toraja dimana bertujuan untuk menghormati dan menghantarkan arwah orang yang meninggal menuju alam roh pada peristirahatan terakhir.

    Untuk upacara ini sering juga dikategorikan penyempurnaan kematian.
    Dalam masyarakat Toraja, upacara tersebut merupakan ritual yang paling penting dan sakral

    Hal tersebut disampaikan anak almarhum Fermina Tallulembang, anggota Legislatif DPRD Provinsi Sulsel dari Fraksi Gerindra melalui Andi Panelo pada media ini, Senin (9/5/2022) kemarin, bahwa almarhum Johanis Palayukan Tallulembang, lahir pada 5 Mei 1929 dan Wafat pada 8 September 2021.

    Almarhum akan di mulai prosesi adatnya akan di mulai pertengahan bulan Juli 2022 mendatang.
    "Dan saat ini masyarakat Lembang
    (Desa) Kapalapitu Kecamatan Kapalapitu Toraja Utara (Torut) di Tongkonan To' Pao sementara mengerjakan pemondokan dan akan berlangsung prosesi adat   rambu solo orang tua kami," sebutnya.

    Bagi masyarakat Toraja, seorang yang telah meninggal dunia belum mendapatkan kesempurnaan, jika belum dimakamkan secara Rambu Solo’. 
    Jasad orang yang telah meninggal itu akan tetap dianggap hidup, diperlakukan seperti layaknya keluarga yang sedang sakit atau lemah, sehingga tidak bisa melakukan apa-apa selain tidur.

    Sekadar diketahui, secara harafiah, 'Rambu' berarti Asap dan 'Solo' artinya Turun. Jadi kata rambu solo' merupakan upacara adat tertinggi dan sakral yang bertujuan untuk menghormati dan menghantarkan arwah orang mati ke alam roh, di mana masyarakat setempat menyebutnya menuju 'Puya'.


    Rambu Solo’ adalah, rangkaian kegiatan yang rumit ikatan adat serta membutuhkan biaya tidak sedikit. Dan persiapannya pun selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Untuk itu, bagi mereka yang tidak memiliki cukup dana, keluarga akan terus menabung hingga uang yang terkumpul bisa digunakan untuk pelaksanaan upacara dengan sempurna. 

    Dan sementara menunggu upacara siap, 
    tubuh orang yang meninggal di masukkan dalam peti jenazah dan di simpan di rumah leluhur atau Tongkonan.

    “Jadi Rambu Solo’, itu artinya asap yang turun ke bawah, sesuatu yang kita tidak harapkan karena asap itu selalu ke atas. Ini upacara tertinggi di Toraja, dan prinsip dari upacara ini yakni, pertama memberikan penghormatan kepada almarhum karena selama hidupnya yang pernah juga menjadi  anggota DPRD kabupaten Tana Toraja yang memberi manfaat kepada keluarga dan masyarakat banyak,” ungkapnya.


     (Amos Minggu)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini