• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gempabumi Tektonik M 4.9 Dirasakan di Gunungkidul, Tidak Berpotensi Tsunami

    Rabu, 06 April 2022, 16:19 WIB Last Updated 2022-04-06T09:19:10Z
    -
    -


    Yogyakarta | BNRI NEWS

    *Kejadian dan Parameter Gempabumi:*
    Hari Rabu, 06 April 2022 pukul 10:03:36 WIB wilayah Gunungkidul diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.21 LS dan 110.57 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 24 km barat daya Gunungkidul - DIY pada kedalaman 123 km.

    *Jenis Gempabumi:*
    Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktifitas subduksi.

    *Dampak Gempabumi:* 
    Guncangan gempabumi ini dirasakan di Gunungkidul, Bantul, Sleman, Trenggalek  II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), Pacitan II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

    *Gempabumi Susulan:* 
    Hingga saat ini,  pukul 10.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). 

    *Rekomendasi:* 
    Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 

    Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.
      


    Sleman, 6 April  2022
    Kepala Stageof Sleman
    Ikhsan
    Aziz
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini