• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Alami Keadaan Darurat, Masyarakat Mojokerto Tinggal Telephon 112

    Rabu, 30 Maret 2022, 07:28 WIB Last Updated 2022-03-30T00:28:52Z
    -
    -

    Bupati Mojokerto menerima plakat dari Direktorat Kemeninfo


    Mojokerto | BNRI NEWS

    Pemerintah Kabupaten Mojokerto  membuat gebrakan dalam pelayanan masyarakat.
    Terbukti Selasa siang kemarin melounching  Call Center 112  Surya Mojo Siaga guna merespon aduan masyarakat dalam kedaruratan.

    Kalau di Amerika Serikat mempunyai call center 911, Kabupaten Mojokerto kini juga menyediakan panggilan khusus layanan darurat. Cukup menelepon nomor 112 yang bebas pulsa, warga Mojokerto mendapatkan bantuan untuk berbagai kondisi darurat.

    Call Center 112 Surya Mojo Siaga telah diluncurkan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati di Pendapa Graha Majatama, Kantor Bupati Mojokerto. Launching tersebut dihadiri Sub Koordinator Perencanaan dan Pembangunan Direktorat Pengembangan Pita Lebar Kemenkominfo, Agung Setio Utomo.

    Menurut Ikfina, call center 112 mulai beroperasi hari ini Selasa tanggal 29 Maret 2022 dengan moto cepat, tanggap, siaga, siap melayani anda. 
    Dengan begitu, masyarakat Kabupaten Mojokerto tidak perlu lagi bingung mencari bantuan saat mengalami dan melihat kondisi darurat. Seperti kebakaran, kecelakaan lalu lintas, tindak kejahatan, bencana alam dan kondisi darurat lainnya.

    Karena cukup menelepon nomor 112, warga  akan langsung terhubung ke operator yang siaga 24 jam. Operator lantas menghubungi instansi terkait yang akan datang ke lokasi secepat mungkin untuk memberikan pertolongan dan penanganan. Masyarakat tak perlu khawatir, karena call center 112 ternyata panggilan bebas pulsa.
    "Setiap pelaporan kami ketahui permasalahannya apa, lokasinya di mana, titik perespons terdekat yang akan merespons. Sudah kami uji coba, mulai hari ini sudah melayani," kata Ikfina kepada wartawan usai launching Call Center 112 Surya Mojo Siaga Kabupaten Mojokerto.

    Masih menurut Bupati, call center 112 sudah terintegrasi dengan berbagai instansi. Yaitu dengan semua puskesmas di Kabupaten Mojokerto, Polres Mojokerto Kota dan Kabupaten, BPBD, Dinas Kesehatan, DP2KBP2, RSUD Soekandar dan RSUD RA Basoeni, PMI, Dinas PUPR, DPRKP2, Satpol PP dan Dinas Sosial.
    "Call center 112 Surya Mojo Siaga ini akan terus kami evaluasi didampingi Kemenkominfo," tambah Ikfina.

    Sub Koordinator Perencanaan dan Pembangunan Direktorat Pengembangan Pita Lebar Kemenkominfo, Agung Setio Utomo menambahkan, Kabupaten Mojokerto menjadi daerah ke-15 di Jatim yang sudah mengoperasikan call center 112. 
    Menurutnya sejauh ini, sudah ada 83 dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia yang menerapkan pusat panggilan layanan darurat tersebut.
    "Kalau Amerika Serikat punya 911, Kabupaten Mojokerto punya 112. Sudah saatnya masyarakat Kabupaten Mojokerto ketika mengalami kondisi darurat bisa memanfaatkan layanan 112," tambah Agung.

    Lebih lanjut Agung menjelaskan, jika suatu saat nanti semua kabupaten dan kota mengoperasikan call center 112, maka Indonesia akan sama dengan Amerika Serikat yang mempunyai 911 (nine one one). Pengoperasian pusat panggilan darurat ini melibatkan semua operator seluler.
    "Kalau seluruh Indonesia sudah, masyarakat di mana pun berada cukup menekan 112. Tidak kena pulsa," pungkas Agung

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini