• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tumpukan Awan Yang Indah di Atas Gunung Wlirang Mojokerto, Pertanda Apa?

    Jumat, 05 November 2021, 19:40 WIB Last Updated 2021-11-05T12:40:46Z
    -
    -



    Mojokerto | BNRI NEWS

    Fenomena awan yang menumpuk nampak di atas Gunung Wlirang kembali terjadi di Mojokerto. pada Jum'at (05/11/2021) pagi, pasca hujan deras mengguyur Mojokerto pada sehari sebelumnya.
    Jurnalis BNRI NEWS mengabadikan momen tumpukan awan indah tersebut. 

    Awan berbentuk bulat ini sempat terlihat di Kecamatan Trawas dan Pacet, kabupaten Mojokerto.

    Dikutip dari keterangan BMKG,  fenomena awan yang menumpuk yang nampak di atas Gunung Wlirang merupakan awan jenis Lentikularis. Awan tersebut tumbuh di sekitaran gunung/dataran tinggi.

    Secara umum fenomena awan Lentikularis tidak menunjukan adanya tanda tanda bahaya, hanya saja menghawatirkan bagi dunia penerbangan.

    Awan Lentikularis terjadi akibat adanya gelombang Gunung atau Angin lapisan atas (di atas permukaan) yang cukup kuat dari suatu sisi gunung membentur dinding pegunungan. 
    Sehingga, hal menimbulkan turbulensi di sisi gunung lainnya dan membentuk awan-awan bertingkat yang berputar seperti lensa.

    Fenomena awan ini secara Meteorologi, tidak mengindikasikan fenomena lain seperti akan datangnya gempa atau bencana besar lainnya. Awan tersebut hanya mengindikasikan adanya turbulensi di lapisan atas (bukan di permukaan bumi). 

    Fenomena ini jarang terjadi dan hanya bersifat momentum atau waktu - waktu tertentu, biasanya ditandai adanya kecepatan angin yang cukup kuat lebih dari beberapa hari di sekitar pegunungan.

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini