• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Antisipasi dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi La-Nina Pada Musim Hujan 2021/2022 di Daerah Istimewa Yogyakarta

    Selasa, 16 November 2021, 20:24 WIB Last Updated 2021-11-16T13:24:13Z
    -
    -



    Yogyakarta | BNRI NEWS

    Pada saat ini seluruh wilayah D. I. Yogyakarta telah memasuki musim penghujan. Kondisi curah hujan selama periode dasarian I November 2021 pada umumnya dalam kategori di atas normalnya atau rata-ratanya.

    Pantauan indeks ENSO (El Nino-Southern Oscillation) hingga dasarian I November 2021 menunjukkan kategori La Nina lemah-sedang (-0.99). Fenomena La Nina diprakirakan berlangsung hingga periode April-Mei-Juni 2022

    Pengaruh La-Nina di wilayah D. I. Yogyakarta berdampak pada peningkatan curah hujan bulanan di atas normalnya atau rata-ratanya. Pada bulan November La Nina dapat memicu peningkatan curah hujan hingga 60% dibandingkan kondisi normalnya atau rata-ratanya, dimana curah hujan umumnya mencapai 300-500 mm dalam 1 bulan (kategori tinggi-sangat tinggi). Sedangkan pada periode musim hujan Desember-Januari-Februari La Nina dapat memicu peningkatan curah hujan dalam kisaran 20-60% dibandingkan normalnya atau rata-ratanya, dimana curah hujan selama musim penghujan (Desember-Januari-Februari) umumnya mencapai 300 - 500mm dalam 1 bulan (kategori tinggi-sangat tinggi).

    Perlu diwaspadai peningkatan potensi bencana hidrometeorologi di puncak musim hujan, dimana puncak musim hujan wilayah D. I. Yogyakarta diprakirakan terjadi pada bulan Januari 2022.

    Himbauan Para pemangku kepentingan diharapkan dapat sedini mungkin mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi di wilayah D.I. Yogyakarta.
    Lebih optimal melakukan pengelolaan tata air terintegrasi dari hulu hingga hilir, dengan penyiapan kapasitas sungai dan kanal untuk antisipasi debit air yang berlebih.
    Masyarakat dihimbau terus memperbaharui perkembangan informasi dari BMKG dengan memanfaatkan kanal media sosial info BMKG, atau langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

    Sleman, 16 November 2021

    Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta_
    Reni Kraningtyas, S.P., M.S

    Beni Ardiyono
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini