• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pesona Candi Plaosan

    Rabu, 27 Oktober 2021, 19:51 WIB Last Updated 2021-10-27T12:51:09Z
    -
    -





    Klaten|Bnri News

    Kawasan Kalasan dan Prambanan bisa disebut dengan kawasan yang bersejarah. Dimana banyak Candi dan Situs Budaya yang berdiri di kawasan ini. Salah satunya adalah Candi Plaosan.


    Candi Plaosan merupakan kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini hanya berjarak sekitar satu setengah kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan.


    Hal itu juga yang menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Plaosan bisa juga mengunjungi Candi Prambanan karena letaknya yang satu jalur, bahkan sebaliknya.


    Candi Plaosan sendiri terdiri dari dua bagian yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul, kedua candi tersebut hanya berjarak 20 meter saja. Dan lokasinya yang berada di samping pemukiman warga membuat pengunjung yang datang merasa lebih aman dan nyaman.



    Adanya kemuncak Candi yang berwujud stupa di Candi Plaosan. Ditemukanya arca Buddha, serta kelompok Candi-Candi Perwara (pendamping/kecil) yang bewujud Stupa bertebaran disekitar area komplek candi, menandakan  bahwa candi tersebut bercorak Buddha.


    Candi Plaosan sendiri dibuka dari matahari terbit sampai  tenggelamnya matahari, keindahan sunset dan sunrisenya juga sangat memukau. Banyak pengunjung menjadikan lokasi ini sebagai tempat favorit untuk berfoto, selain di candi, pengunjung dapat melakukan sesi foto di hamparan rerumputan yang hijau.


    Aziz
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini