• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ngopi (Ngobrol Penuh Inpirasi) dengan Narasumber Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Bupati Kotawaringin Barat

    Sabtu, 02 Oktober 2021, 06:50 WIB Last Updated 2021-10-01T23:51:15Z
    -
    -



    Jakarta | BNRI NEWS

    Ngopi (Ngobrol Penuh Inspirasi) dengan narasumber Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah hari ini Kamis 30 September 2021 pukul 09:00 WIB.

    Acara diawali dengan pemaparan mengenai Gerakan Sosial Ok Oce oleh ketua Umum Ok Oce Forever Esti Ginting menyatakan bahwa Ok Oce Forever memiliki misi : menciptakan lapangan kerja berbasis kewirausahaan sosial dan digital.
    ▪meningkatkan pendapatan & kesejahteraan, mengurangi kesenjangan sosial
    ▪membantu UMKM untuk naik kelas

    Acara dilanjutkan dengan perkenalan dengan ketua PGO (Persatuan Gerakan Ok Oce ) Iim Rusyamsi selaku payung gerakan Ok Oce dan ketua Ok Oce Forever Kotawaringin Barat Fahrian Eko Santoso.
    Selanjutnya ditandatangani MOU antara Ok Oce dengan Bupati Kotawaringin Barat untuk membantu para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kotawaringin Barat bisa lebih berkembang dengan penggerak Ok Oce Forever yang akan aktif bergerak membantu dan mendampingi para anggota UMKM di Kotawaringin barat.

    Kegiatan Ngopi bareng Sandiaga Uno bersama Bupati Kotawaringin Barat via virtual ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kobar dihadiri oleh 500 lebih peserta dari beberapa instansi terkait dan pelaku usaha.

    Dengan mengangkat tema “ The Best Destination Of Borneo Indonesia” melalui optimalisasi sumber daya dan produktifitas pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif UMKM di Kabupaten Kotawaringin Barat, diharapkan dapat mengangkat sektor pariwisata dan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

    Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kotawaringin Barat menyampaikan kepada Menteri tentang gambaran umum geografis, ekosistem flora dan fauna serta destinasi pariwisata yang ada di Kotawaringin Barat.


    Hj. Nurhidayah mengatakan destinasi pariwisata unggulan di Kotawaringin Barat adalah Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang menjadi sasaran utama wisatawan mancanegara terutama dari benua Eropa.

    “Menurut data tahun 2019 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kotawaringin Barat sekitar 14 ribu, namun setelah pandemi mengalami penurunan sampai 90% sehingga membawa dampak pada sektor usaha” kata Bupati

    Selain TNTP Bupati menyampaikan, Kotawaringin Barat juga mempunyai wisata sejarah, religi dan susur sungai. Untuk Ekonomi Kreatif ada batik dan wisata kuliner.

    Pemerintah Daerah sendiri selalu mensupport dengan kebijakan dan pendampingan untuk sektor wisata dan pelaku usahanya, dan kepada Sandiaga Uno Bupati juga menyampaikan kendala serta berharap kepada Menteri untuk memberikan dukungan.
    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menanggapi pemaparan dari Bupati Kotawaringin Barat dengan menyiapkan beberapa program dari Kementrian Pariwisata diantaranya program bangga Indonesia.

    Sandiaga Uno juga menambahkan perlu dilakukan pengembangan ekonomi kreatif melalui dunia digital dan gerakan 3G.


    Diakhir kegiatan Ngopi bareng Sandiaga Uno dan Bupati Kotawaringin Barat ditutup dengan saling berbalas pantun dan foto bersama dengan peserta melalui virtual.

    (Elin Herlina)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini