• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gempa Bumi Tektonik M 4.8 Mengguncang Pacitan-Jatim

    Rabu, 13 Oktober 2021, 13:35 WIB Last Updated 2021-10-13T06:35:40Z
    -
    -





    Pacitan | BNRI NEWS

    Hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.00.47 WIB wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur diguncang gempa tektonik. 

    Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo  M=4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah barat daya Kabupaten Pacitan Propinsi Jawa Timur  pada kedalaman 55 km. 

    Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Euroasia terhadap Lempeng Indoaustralia di selatan Jawa.

    Dampak Gempa bumi, 
    Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Treggalek III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)

    Gunungkidul, Bantul, Yogyakarta II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)

    Hingga hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.40 WIB, tidak tercatat gempa susulan (aftershock) 

    BMKG Mengatakan,Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

    Dan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 

    Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG. 

    Kepala Stageof Sleman (Ikhsan) 
    Diunggah Ryan Gab
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini