• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pesantren Alam Indonesia (PAI) Kab Barru: Membina Santri Berbasis Eko Wisata Preneurship

    Senin, 13 September 2021, 09:08 WIB Last Updated 2021-09-14T17:31:32Z
    -
    -



    Barru | BNRI NEWS

    Biasanya kandang bertingkat itu burung puyuh, Nah di Pesantren Alam Indonesia (PAI) diterapkan kandang bertingkat untuk ayam potong.
    Mengapa mesti dibuat bertingkat? karena ini untuk mensiasati ruang yang sempit, agar di lahan yang terbatas pun kita bisa beterbak ayam. Untuk skala rumahan pun bisa.

    Apakah tidak bau? Yah kami menyadari bahwa salah satu kendala memelihara ayam di area pemukiman adalah kotoran ayam yang bau. Nah di PAI kami mendesain kandang bertingkat agar pemantauan setiap ayam mudah dan kotorannya gampang dibersihkan dengan cara disiram dan kotorannya akan mengalir ke suatu tempat untuk dikompos menjadi pupuk. Syaratnya harus tersedia air yang cukup untuk menyiram kotoran tiap pagi. 

    Demikian H dr Hisbullah Amin, seorang Dokter militer Ahli Anestesia yang menjabat sebagai owner (pendiri) dan Pimpinan Pesantren Alam Indonesia (PAI) di kawasan perbukitan Kabupaten Barru , Sulawesi Selatan .

    Kandang dengan ukuran  2 meter x 60 cm dengan tinggi 2 meter bisa muat sampai 200 ekor ayam, sehingga usaha ternak ayam skala rumahan cocok dengan desain seperti yang dikembangkan di PAI. Mengapa model kandang seperti ini yg kami promosikan? Agar mudah ditiru oleh masyarakat meskipun dengan modal yg kecil, rakitannya pun sederhana dan murah. Salah satu misi dari PAI yaitu disamping berdaya dan mandiri juga berupaya memberdayakan masyarakat dengan cara memberi contoh yang mudah diterapkan. Apa gunanya kita hebat dan berhasil tetapi tidak mampu dan tidak mau memberdayakan orang lain apalagi memberdayakan ummat. 

    Ini adalah langkah kecil dan konkrit menuju kemandirian sekaligus pemberdayaan ummat. Kita mulai dengan membuat produk  kebutuhan sehari-hari yang mudah dijangkau setelah itu kita membuat jaringan pemasaran dilingkungan sendiri, memenuhi kebutuhan di lingkungan sendiri lalu pelan-pelan membentuk jaringan distribusi disekitar dan seterusnya menjadi gerakan bela dan beli produk sendiri. 

    Think big, Start small, Act now

    Itulah semboyan PAI. Kita harus bercita2 setinggi langit namun dimulai dari hal-hal  kecil yang mudah dijangkau dan bisa diterapkan. Tetapi setinggi apapun cita-citanya tapi jika tidak dieksekusi jadi percuma hanya jadi angan-angan belaka. Harus dimulai. Kapan? yah sekarang. Jika kita ingin mandiri, lakukan sekarang sekecil apapun gerakannya. Untuk urusan bisnis harus dilakoni, dijalani. Tidak mesti belajar dulu baru berwira usaha, bisa sambil menjalankan usaha kita belajar. Dari menjalankan usaha itulah kita belajar bagaimana rasanya untung dan bagaimana rasanya rugi, bagaimana suka duka memasarkan, bermitra dan mencari peluang pasar. 

    Salah satu spot di area kawasan wisata PAI yang jarang dilewatkan oleh pengunjung adalah kandang ayam bertingkat ini. Umumnya pengunjung  berkomentar bahwa ide membuat kandang ini menarik. Desain sederhana, mudah diduplikasi. Nampak dalam foto adalah para peneliti dari Universitas Indonesia UI yg datang dalam rangka visitasi kelayakan budi daya lebah-madu di PAI menyempatkan diri utk singgah dan meninjau kandang ini. Beliau2 respek dan memberi komen bahwa ini bisa menjadi gerakan bersama utk komunitas yg lebih luas.

    Oh yah kandang ayam bertingkat ini dikelola oleh 2 orang santri, 1 kandang 1 orang. Disamping santri2 kita menghafal Al Qur'an mereka juga belajar berwira usaha. Salah satu target kami adalah anak2 santri ini belajar bertanggung terhadap amanah yg diberikan disamping itu mereka belajar untuk mengatur waktu. Jika ada keuntungan dari penjualan maka hasilnya dibagi sehingga anak2 punya penghasilan tambahan minimal untuk uang jajan. Bila perlu tidak usah minta ke orang tua. 
    Kedepannya kami merencanakan menambah kandang sedikit demi sedikit bila modal sudah mencukupi dan sudah ada pemasaran ayam hasil wira usaha santri ini. 

    Bagi orang tua/wali yang ingin agar anaknya menjadi hafidz dan minimal punya pengalaman  berwira usaha maka tempat kami di PAI cocok utk menitipkan anaknya dan Insya Allah akan menjadi pengusaha. Tinggal memilih bidang apa yg diminati. Sementara ini bisnis PAI yang sementara berjalan yaitu pariwisata, peternakan ayam, budi daya air tawar di kolam terpal dan budi daya tanaman di polybag, menyusul ternak lebah-madu. 

    Nah bagi bapak ibu yang berminat untuk mengenalkan secara dini kepada anak-anaknya tentang bisnis rumahan atau kepingin melihat langsung bagaimana sih ayam itu diternakkan, tempat ini cocok untuk dikunjungi. Berwisata sambil menambah wawasan sekaligus beramal karena seluruh hasil usaha wisata 100 % untuk operasional pondok PAI.

    Sahabat PAI yang sudah lama tidak refreshing gegara pandemi  ayo ajak komunitasnya, ajak keluarganya kita wisata ke Kawasan Wisata Pesantren Alam. 
    Tersedia wahana favorit yaitu kolam pancing. 

    Fasilitas lain yg tersedia yaitu: lapangan futsal, lapangan panahan, berkuda, kolam renang, wisata sungai, villa kerucut, wisata kebun, restoran, guest house muat hingga 100 orang dan lain-lain. 

    Tersedia penginapan, resto dan tenda cantik yang bisa disewa. 
    Bisa utk camping, family gathering, reuni, arisan, raker, meeting dan lain-lain. 

    (Red/Samsul H) 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini