• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Enam Daerah di Jatim Kembali Naik ke PPKM Level 2 dan 3

    Kamis, 16 September 2021, 07:24 WIB Last Updated 2021-09-16T00:41:29Z
    -
    -



    Surabaya | BNRI NEWS

    Berdasarkan assesmen pihak Kemenkes, beberapa hari yang lalu ada 6 daerah di Jawa Timur masuk PPKM Level 1. Tetapi atas dasar Inmendagri Nomor 42 tahun 2021, beberapa daerah yang masuk level 1 dan 2 kembali pada PPKM Level 3.

    Menurut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, perbedaan hasil assesmen antara Kemenkes dan Inmendagri adalah adanya unsur indikator penilaian daerah yang akan masuk PPKM Level 1.
    “Arahan pemerintah pusat, penurunan level harus diiringin dengan terbangunnya proteksi antibody secara kolektif. Artinya indikator pencapaian vaksinasi ikut dinilai khususnya vaksinasi terhadap lansia,” ujar Emil pada Rabu sore (15/9/2021) .
    Lebih lanjut Emil menjelaskan, dalam Inmendagri 42 tahun 2021, penetapan level PPKM wilayah berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan Covid-19 dari Kemenkes. Kemudian ditambah dengan indikator pencapaian vaksinasi dosis 1 dan dosis 2 untuk lansia dari target vaksinasi.
    Aturan pertama, penurunan level 3 ke level 2 pencapaian vaksinasi dosis pertama minimal 50% dan pencapaian dosis pertama pada lansia minimal 40%.
    Aturan kedua, penurunan level 2 ke level 1 pencapaian vaksinasi dosis pertama minimal 70% dan pencapaian dosis pertama lansia minimal 60%.

    “Setelah melihat ketentuan tersebut, 6 daerah yang masuk level 1 kemarin belum bisa memenuhi target vaksinasi, sehingga belum memenuhi persyaratan untuk diturunkan ke level yeng lebih kecil sesuai dengan Inmendagri 42,”sambung Emil.

    Seperti diketahui sebelumnya, menurut hasil assesmen Kemenkes, ada 6 daerah di Jawa Timur masuk PPKM Level 1, yaitu Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Jember dan Banyuwangi.
    Sesuai dengan aturan Inmendagri 42 tahun 2021 tersebut tidak ada daerah di Jatim yang masuk PPKM Level 1.
    Yang menerapkan PPKM Level 2 di Jawa Timur ada 12 wilayah, yakni Banyuwangi, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Jember, Kota Kediri, Jombang, Tuban, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Kab. Probolinggo dan Bojonegoro. Selain daerah tersebut di seluruh Jawa Timur menerapkan PPKM Level 3.

    (Red/Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini