• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Desa Dukuh Ngledok Kecamatan Delanggu Dijuluki Kampung Mpu Pandai Besi

    Rabu, 15 September 2021, 19:07 WIB Last Updated 2021-09-16T02:59:47Z
    -
    -



    Klaten | BNRI NEWS


    Rabu, (15/09/2021)
    Dukuh Ngledok, Desa Segaran, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, dapat kunjungan dari Presiden Joko Widodo pada hari senin 13/09/2021.

    "Presiden mengunjungi desa ini untuk memantau langsung kegiatan program vaksinasi secara door to door"

    Tapi dibalik riuhnya vaksinasi dan kedatangan orang nomor satu di Indonesia, Dukuh Ngledok ternyata dikenal sebagai daerah sentra perajin besi di Kecamatan Delanggu ini.

    Kepala Desa Segaran, Budi Raharjo mengatakan di kampung ini terdapat sekitar 40-50 an pengrajin pandai besi, kegiatan ini sudah lama ditekuni oleh warga Ngledok hingga profesi ini sampai turun-temurun. Dari masa ke masa kata Budi Raharjo.

    Lanjut kata Budi, hasil dari kerajinan para pengrajin yang ada di desa Ngledok itu berupa pisau, cangkul, hingga sabit. Di kampung ini memang warganya bekerja sebagai pandai besi ya kisaran 40-50 an pengrajin, tapi untuk buruhnya sendiri banyak ucap Budi Raharjo saat di temui BNRI NEWS.

    Menurut Budi, dulu kala ada warga yang bernama Mpu Sepuh, yang pertama kali mempunyai keterampilan sebagai pengrajin pandai besi dan membuat arit.
    Lalu banyak warga yang meminta belajar ke beliau untuk mendapatkan keahlian sebagai pengrajin besi.
    pas jamanya saya masih kecil semua masih menggunakan metode manual, ucap Budi Raharjo.

    Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi, lanjut Budi, lalu warga kemudian membuat kerajinan dengan menggunakan mesin yang bisa meningkatkan produksi. Tutup Budi Raharjo.

    (Red/Beni Ardiyono)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini