• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Langganan Abrasi Pantai, 150 Bronjong Sabut Kelapa Dipasang di Pantai Sodong Cilacap

    Redaksi
    Sabtu, 16 Desember 2023, 10:00 WIB Last Updated 2023-12-16T03:02:00Z
    -
    -




    Cilacap | BNRI NEWS


    Komitmen Senkom rescue Cilacap dalam berbakti untuk bangsa dan negara selalu berkolaborasi dengan stakeholder di wilayah, dalam kesempatan ini 25 personil bergabung dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) CILACAP dan relawan melakukan pemasangan bronjong sabut kelapa di Pantai Sodong Desa Karangbenda Kecamatan Adipala, Cilacap Jawa Tengah, Jumat (15/12/2023).

    Pemasangan bronjong sabut kelapa dilakukan oleh sekitar 280 orang. Bersama Forkopimda, unsur pentahelix, akademisi, dan sejumlah relawan, melakukan pemasangan bronjong sabut kelapa di Pantai Sodong sebagai upaya penanganan abrasi pantai di Kabupaten CILACAP

    Plt Kalak BPBD Cilacap, Slamet Arif Praptomo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk inovasi penanganan abrasi pada tanggul pantai dengan menggunakan bahan baku ramah lingkungan.

    "Sudah kita uji cobakan di Pantai Kemiren Cilacap Selatan, Pantai Sidayu Binangun, Pantai Bungso Nusawungu dan saat ini kondisinya telah terbentuk tanggul pantai," terangnya.

    Dia mengatakan, ada 150 bronjong sabut kelapa yang dipasang sepanjang 50 meter di Pantai Sodong Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

    "Sistem kerja bronjong sabut kelapa sendiri nanti pasir datang ke pantai dan terperangkap kemudian membentuk bukit dan menjadi landai," kata dia.

    "Pantai Sodong memiliki tingkat bencana abrasi dan tsunami yang cukup tinggi. Bahkan abrasi yang terjadi di pantai ini cukup parah. Sehingga pemasangan bronjong sabut kelapa urgensi untuk dilakukan," tambahnya.

    "Setiap tahunnya di Pantai Sodong pasti abrasi. Ini upaya kita untuk melakukan mitigasi bencana. Karena di Pantai Sodong juga rawan terjadi bencana tsunami," kata Arif.


    H. Saryono Harso SE ketua Senkom Cilacap dihubungi secara terpisah membenarkan untuk Senkom rescue Cilacap kami kerahkan 25 personil sesuai permintaan BPBD Cilacap mas.

    "Sesuai tupoksi Senkom rescue dengan slogannya Siaga Di Saat Aman Ada Saat di Butuhkan kami siap membantu pemerintah maupun masyarakat," pungkasnya. 


    (H. Joko/Ghoni)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini