• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    BPBD Karanganyar Pasang Rambu Rawan Longsor di Kawasan Wisata, Guna Hadapi Momen Nataru

    Redaksi
    Minggu, 24 Desember 2023, 12:59 WIB Last Updated 2023-12-24T05:59:44Z
    -
    -



    Karanganyar | BNRI NEWS


    BPBD Kabupaten Karanganyar memasang rambu rawan longsor di 15 titik yang tersebar di kawasan wisata wilayah Kecamatan Ngargoyoso dan Tawangmangu bertepatan dengan momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) pada Sabtu (23/12/2023).

    Kalak BPBD Karanganyar, Hendro Prayitno, S.H., M.M.,  menyampaikan, pemasangan rambu rawan longsor tersebut melibatkan anggota polsek, koramil dan relawan setempat.

    "Pemilihan titik pemasangan rambu rawan longsor berkaca tersebut berdasarkan dari kejadian bencana sebelumnya, sesuai prediksi BMKG, setelah 23 Desember 2023 akan turun hujan," katanya.


    "Pemasangan rambu tersebut sifatnya hanya sementara untuk menghadapi momen Nataru. Pihaknya berencana akan memasang rambu rawan bencana secara permanen di titik yang telah dipetakan bersama relawan setempat," lanjutnya.

    "Pemasangan ini untuk menghadapi Nataru, salah satunya mengantisipasi lonjakan wisatawan yang berkunjung ke Ngargoyoso dan Tawangmangu karena bertepatan libur cuti panjang," tambahnya.

    Dia menuturkan, rambu rawan bencana longsor dipasang di 7 titik wilayah Kecamatan Ngargoyoso atau akses menuju ke kawasan wisata Kemuning-Jenawi. Kemudian tim juga memasang 8 rambu bencana longsor di Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan.

    "Pemasangan rambu tersebut dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat supaya mewaspadai titik-titik rawan longsor yang berada di akses kawasan wisata. pihaknya juga berencana akan membagikan brosur berisi peta rawan bencana kepada wisatawan di Simpang Empat Gerdu Kecamatan Karangpandan," pungkasnya.

    Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Dan SAR Senkom Kabupaten Karanganyar Sutaryo menyampaikan, untuk kegiatan pemasangan memasang rambu rawan longsor di 15 titik yang tersebar di kawasan wisata wilayah Kecamatan Ngargoyoso dan Tawangmangu Dalam rangka upaya edukasi dan mitigasi pengguna jalan terhadap ancaman tanah longsor saat Nataru.


    "Senkom beserta BPBD Karanganyar melaksanakan pemasangan puluhan banner peringatan waspada rawan tanah longsor di jalan Kemuning Ngargoyoso dan beberapa titik jalan tembus Tawangmangu yang diprediksi menjadi jalan sangat padat saat masyarakat melaksanakan kegiatan liburan menjelang dan saat tahun baru 2024," jelasnya.

    Kegiatan BPBD Karanganyar tersebut di dampingi TNI, Polri, Realita Tawangmangu, Relawan di Ngargoyoso, Senkom Kecamatan Ngargoyoso dan Tawangmangu.


    (H. Joko/Ghoni)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini