• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ketua LSP Pers Indonesia Jateng Gandeng Ketua PWI Jateng Sosialisasikan Sertifikasi Kompetensi Wartawan

    Sabtu, 25 Februari 2023, 09:25 WIB Last Updated 2023-02-25T02:25:11Z
    -
    -
     

    PEKALONGAN  |  BNRI NEWS 


    Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid,S.E menuturkan wartawan harus lebih aware dalam membuat berita terlebih dalam memilih konteks judul, jangan sampai menggiring opini negatif dari masyarakat.

    "Saat ini semua orang bisa jadi wartawan, tapi saya tekankan harus memberikan informasi dengan baik, gamblang, tidak boleh menyudutkan pihak tertentu dengan cara konfirmasi dulu sehingga berita tersebut punya latar belakang yang kuat," kata Afsan dalam sambutannya pada  sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) yang diselenggarakan Diskominfo Pekalongan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para jurnalis/wartawan yang berlangsung di ruang Buketan Setda Pemkot Pekalongan, Kamis (23/2/2023).

    Perlu dipahami bersama bahwa kehadiran pers sangat penting dalam menjembatani segala informasi meliputi aspek kehidupan untuk masyarakat umum, sehingga perlu adanya bekal kompetensi agar berita yang disampaikan tepat, benar, akurat dan tidak mengandung unsur hoax patau penyimpangan," ucapnya. 

    Menurut Afzan saat ini wartawan dituntut cepat dalam memberitakan, namun berita yang dihasilkan harus kompeten.  
    "Melalui kegiatan ini bisa menjadi wadah merefresh ilmu dan pencerahan untuk bekerja ke depan," ujar Afzan.

    Saat ini wartawan memang dituntut cepat dalam memberitakan, namun berita yang dihasilkan harus kompeten. Ia berharap melalui kegiatan ini bisa menjadi wadah merefresh ilmu dan pencerahan untuk bekerja ke depan.

    "Saya yakin dan berharap teman-teman dapat lebih baik lagi dengan mematuhi etika maupun peraturan UU yang berlaku, Pemkot sudah memberi kesempatan untuk hadir di kegiatan ini, tetapi diharapkan saling ada pengertian atau sinkronisasi dengan pihak terkait," tutup Afzan.

    Sementara itu, Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Arif Karyadi mengatakan sosialisasi yang berkaitan dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini diharapkan dapat mendorong wartawan bisa mendapat sertifikasi yang menjadi legal formal.

    “Kalau sudah tersertifikasi, maka mereka sudah dinilai bekerja secara profesional,” ucapnya.

    Arif minta wartawan terus meningkatkan kompetensi, bekerja dan berpikir sesuai aturan kode etik jurnalistik sehingga tercipta lingkungan kerja dan kota yang lebih kondusif.

    Pada kesempatan sama Ketua Sekber IPJT Pekalongan Raya, Ali Rosidin selaku penggagas kegiatan sosialisasi SKW mengatak tujuan dari kegiatan ini dalam rangka meningkatkan SDM dan kinerja wartawan agar dapat bekerja secara profesional dan berintegritas.
        
    Selanjutnya dikatakan nasumber, Amir Machmud NS ,SH.MH selaku Ketua PWI Jateng menyampaikan ketika seorang wartawan memperlihatkan produk atau karya jurnalistik berbobot dan akurat, maka akan diakui dan mumpuni di bidang tersebut oleh publik, “Reputasi wartawan akan lahir dari 3 hal yaitu profesionalitas, kemartabatan, eksistensi. 

    Martabat diraih dengan profesionalitas, harus kita bangun wartawan yang cerdas agar media ini jadi waras dan reputasi tidak bisa diukur dari lingkungan terdekat dengan kita, yang menilai adalah publik, bukan penilaian kelompok,” tuturnya," ujar Amir Mahmud.

    Hal senada di katakan  Sriyanto Ahmad,S.Pd.M.H ( Med) selaku Koordinator LSP Pers Indonesia Perwakilan Jateng sekaligus Ketua SPRI Jateng  yang juga sebagai narasumber menjelaskan dalam menyajikan informasi, wartawan haruslah cerdas memahami perbedaan data dan opini, “Memang saat ini sering muncul wartawan yang belum punya skill atau info bagaimana bertugas dengan benar, tetapi sebagai wartawan yang sudah tersertifikasi, ayo kita bimbing mereka untuk jadi profesional yang punya kompetensi, tentunya wartarawan dianjurkan mengikuti SKW agar menjadi Wartawan yang kompeten yang bersertifikat dimana hal ini untuk membangkitkan nama baik pers,” pungkasnya.

    Acara dihadiri Walikota Pekalongan, Kepala Dinas Kominfo, Ketua PWI Jateng , Ketua SPRI Jateng, Ketua PWI Kota Pekalongan, Ketua Sekber IPJT Pekalongan Raya dan puluhan wartawan media cetak dan online.

    (Pen/E)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini