• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Malam ini Gerhana Bulan, Kanwil Kemenag Sulsel Imbau Masyarakat Lakukan Salat Khusuf

    Selasa, 08 November 2022, 15:20 WIB Last Updated 2022-11-08T08:20:30Z
    -
    -



    Makassar  | BNRI NEWS
     
    Gerhana Bulan atau khusuful qamar diprediksi akan kembali terjadi pada 8 November 2022 yang bertepatan dengan 13 Rabiul Akhir 1444 H. berdasarkan data astronomis, Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

    Menurutnya Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Prof. Kamaruddin Amin bahwa Gerhana Bulan Total di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB. Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat GBT pada waktu puncak gerhana, yakni 17:59 WIB.

    Untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, GBT dapat dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17:16 WIB/18:16 WITA/19:16 WIT. 

    “Masyarakat Papua dan Papua Barat dapat melihat Gerhana Bulan Total pada kontak Umbra 1 (U1) pukul 18:08 WIT,” jelasnya.

    Karenanya, menindaklanjuti Press Rilis dan Imbauan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Maka Kantor Wilayah Kementerian Agama  Sulawesi Selatan mengimbau kepada seluruh Kantor Kemenag se- Sulsel untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan di wilayahnya masing-masing.

    Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, H. Khaeroni mengatakan pihaknya telah melanjutkan Imbauan Dirjen Kemenag RI ke masing-masing daerah untuk melaksanakan isi Press Rilis Dirjen Bimas Islam (8/11/2022).

    Khusus di Sulsel, Kanwil Kemenag Prov. Sulsel melalui Bidang Urais dan Pembinaan Syariah, akan melaksanakan pemantauan Gerhana dan Sholat Khusuf (Gerhana) Bulan yang bekerja sama dengan Subdit Hisah Rukyah dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, UIN Alauddin Makassr dan Pengurus Masjid Al Markaz Al Islami Kota Makassar

    Ia menjelaskan, dalam momentum Gerhana Bulan, diharapkan masyarakat khususnya para muslim untuk menunaikan shalat Gerhana, sesuai dengan tuntutan syariat dari Nabi Muhammad SAW, serta memperbanyak Zikir, Istigfar dan melaksanakan amal amal kebajikan lainnya, termasuk mendoakan keselamatan bangsa dan negara kita, Papar Khaeroni


    Sementara menurut Subkoordinator Kemasjidan, Hisab Rukyah dan Bina Syariah pada Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel H. Nur Hasyim bahwa bahwa Pengamatan/Pemantauan Gerhana Bulan ini dilaksanakan di Halaman Masjid Al Markaz Al Islami Makassar pada pukul 16.00 sampai 20.57 Wita, dan Puncak Gerhana Bulan hari ini diprediksi akan terjadi pada pukul 18.59.11 Wita

    Sementara untuk pelaksanaan Sholat Khusuf nya sendiri akan dilaksanakan setelah sholat Magrib secara berjamaah bersama masyarakat, tambah Nur Hasyim.

    (SamsuHD/Wrd Srj)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini