• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kartini Fitri Novia Sosok Sinden dari Sragen Jawa Tengah yang Masih Aktif Berkarya di Sulawesi Selatan

    Senin, 28 November 2022, 07:26 WIB Last Updated 2022-11-28T00:26:58Z
    -
    -




    Makassar  | BNRI NEWS

    Dunia musik terkhusus campur sari Makassar masih memiliki sosok sinden (Penyanyi Jawa) yang masih aktif dan sangat antusias melestarikan kesenian adat budaya leluhur adat Jawa di tanah Bugis Makassar Sulawesi Selatan, perempuan kelahiran Kota Sragen, yang berusia 40 tahun ini memiliki suara  Cengkok sinden Jawa yang sangat has dan banyak digemari masyarakat Jawa perantau yang berdomisili di sulawesi selatan.


    Dari panggung ke panggung mbak Kartini menghibur masyarakat Jawa,  pada umumnya untuk mengisi acara-acara hajatan terkusus acara perkawinan dengan nuansa Jawa dan selalu mengiringi upacara adat panggih atau temu manten secara live musik gamelan Jawa, dengan busana yang has Beluran adat Jawa, mbak Kartini sangat antusias menghibur masyarakat Jawa perantau terkusus di Sulawesi Selatan.

    Adat budaya warisan leluhur harus selalu kita lestarikan mesti kita hidup dibelahan bumi mana saja, supaya anak cucu kelak tidak ketinggalan dalam mengenalnya dan supaya tetap lestari tuturnya. Seniwati yang sudah lama merantau di sulawesi Selatan ini selain berkarir sebagai sinden Jawa dan waranggono/penyanyi jawa juga mempunyai kesibukan berdagang bakso di sekitar Kota Sungguminasa Gowa Sulawesi Selatan.


    Mbak Kartini berdomisili di wilayah Sungguminasa Gowa Sulawesi Selatan, beserta keluarga anak dan suaminya. Seniwati yang sangat luwes dan anggun ini sudah berhasil menurunkan karya karyanya dibeberapa rekan teman dan juniornya untuk mendampingi langgam lagu Jawa supaya tetap lestari di tanah rantau ini. semoga dengan adanya mbak Kartini di Sulawesi Selatan kesenian tradisi campur sari tetap utuh dan terjaga nilai-nilai budaya dan Tetap lestari dengan mengikuti perkembangan jaman.

    (Redy Rangga)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini