• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Ngopi Silaturohmi Bakda Subuh di An Nur As Salam

    Minggu, 05 Juni 2022, 06:52 WIB Last Updated 2022-06-04T23:52:38Z
    -
    -


    Maros | BNRI NEWS

    Jamaah masjid An Nur As Salam BSS LAND Mandai Maros Sulawesi Selatan punya tradisi baru, minum kopi bersama usai sholat subuh diawali hari Ahad pagi ini (5/6/2022)

    Agus Ketua Pengurus An Nur As Salam menuturkan, bagi jamaah subuh yang tidak ada kepentingan kerja yang mendesak diharapkan duduk sejenak setelah solat subuh berjamaah, guna berbincang santai sesama jamaah sambil ngopi di pagi hari.

    Tradisi baru bagi jamaah di AnNur AsSalam, diharapkan dari bincang santai ini terlahir pemikiran yang jitu untuk memberikan kontribusi solusi bagi persoalan sosial kemasyarakatan", katanya.

    Apa Thema bincang pagi ini? Baik Agus maupun Ashari tidak menjelaskan secara jelas. Tidak ada ji, hanya santai saja, sambil ngopi, ngeteh dan makan pisang goreng . Memang terkesan santai, hanya minum teh kopi sambil ngobrol bebas entah apa yang menjadi pembicaraan berbahasa daerah tersebut.

    Mungkin ingin meniru tradisi di Masjid Jogokaryan Yogjakarta, dimana setiap harinya di masjid tersebut disediakan makan minum setidaknya teh atau kopi bagi jamaah atau siapapun yang berkunjung, melintas di Masjid Jogokaryan yang terkenal dengan manajemen "nol-kan kas masjid" tersebut.

    Masjid memang harus dikelola dengan manajemen yang bener, rapi, tertib dan kreatif. Salah satunya dengan cara penggunaan dana yang berasal dari jamaah dan masyarakat tersebut secara tepat dan cermat. Agar infaq sodaqoh dan donasi umat tersebut cepat tersalur dan menjadi amal jariyah yang diridhoi Allah SWT.

    Beberapa masjid di tanah air telah menerapkan managemen "familier" tersebut, yakni selain menjadikan masjid sebagai sentral peribadatan utama (sholat berjamaah), juga menjadikan tempat pengembangan ekonomi keumatan serta pemberdayaan sosial kemasyarakatan. Sebut saja seperti masjid AlMunzalan Pontianak, Masjid Raya Kabupaten Sragen serta masjid Jogokaryan Yogjakarta.

    Masjid An Nur AsS alam BSS LAND Mandai Maros Sulawesi Selatan, walau baru seumur jagung, masjid ini ingin menampilkan pengelolaan masjid masa depan yang lebih baik, berdaya guna dan bermanfaat bagi jamaah dan masyarakat luas.Tidak hanya tempat rutinitas sholat berjamaah, namun menjadi pengembangan masyarakat Islam dan pembinaan generasi muda yang bermasa depan dan berperadaban.

    eshadiyuda
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini