• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Masjid Menyerupai Kapal Pesiar di Kembangbelor Pacet Mojokerto

    Sabtu, 09 April 2022, 21:32 WIB Last Updated 2022-04-09T14:32:15Z
    -
    -



    Mojokerto  | BNRI NEWS 

    Bila Anda berwisata ke daerah Pacet Mojokerto, singgahlah di desa Kembangbelor, untuk melihat sebuah masjid yang berarsitektur kapal pesiar. 
    Masjid tersebut bernama Masjid Ar Rahman yang mempunyai bentuk bangunan berbeda dengan masjid pada umumnya. 
    Lokasi masjid yang berada di pegunungan membuat betah beribadah dengan khusyuk.

    Bila bingung mencari lokasi masjid ini, maka cari dulu Vila Durian Doa Yatim Sejahtera, masuk wilayah Dusun Belor, Desa Kembangbelor.

    Masjid Ar Rahman dibangun setinggi 5 lantai. Pembangunan masjid berlangsung mulai 2016 hingga 2021. Lantai pertama layaknya lambung kapal berada di bawah tanah berfungsi sebagai asrama putri.  Vila Durian Doa Yatim Sejahtera memang mengasuh anak yatim, piatu, dan duafa.

    Lantai kedua yang berbentuk dek kapal dikhususkan untuk tempat ibadah. Aulanya berada di lantai tiga, sedangkan lantai 4 dan 5 untuk penginapan dan tempat bersantai para tamu panti asuhan. Tempat wudu dan toilet berada di bawah tanah sisi kiri Masjid Ar Rahman.
    "Masjid ini desainnya kapal pesiar. Harapannya menjadi bahtera penyelamat persoalan sosial, karena penghuninya di sini beragam penyandang masalah sosial yang tidak hanya muslim," kata Ketua Vila Durian Doa Yatim Sejahtera, Muhammad Mukhidin (42) kepada kami jurnalis BNRI NEWS di lokasi, Sabtu (9/4/2022).

    Masjid seluas 45 x 25 meter persegi ini benar-benar mirip sebuah kapal pesiar. Sekeliling pagarnya dihiasi pelampung asli. Interior lantai dua didesain mirip bagian dalam sebuah kapal. Kanan kiri dindingnya banyak jendela lebar sehingga masjid ini terang di siang hari.

    Yang menarik adalah tempat imam salat dan mimbar khatib yang didesain layaknya ruang kemudi kapal. 
    Terdapat setir kapal asli, kompas berdiri, beberapa kompas kecil, monitor kemudi, jangkar, derek jangkar, hingga lukisan lautan pada dindingnya.
    "Kompas kami dapatkan dari Medan, derek jangkar dan jangkarnya dari Banyuwangi, kompas berdiri dari Demak, pelampung dari Banyuwangi dan Tanjung Perak. Semuanya bagian kapal asli," ujar Mukhidin.


    Lebih lanjut Mukhifin menjelaskan, Pembangunan masjid berbentuk kapal pesiar, merupakan ide mendiang Gus Amirul Mukminin dari Pondok Pesantren Sumber Pendidikan Mental Agama Allah di Lamongan. 
    Sosok inilah yang  memotivasi dirinya mendirikan Vila Durian Doa Yatim Sejahtera.
    "Semoga bisa mewarnai bahwa masjid dalamnya bisa ramai. Sehingga orang tidak enggan. Bagi teman-teman yang baru memulai, bisa maksimal ibadahnya, kalau ke sini sama dengan rekreasi," tandasnya.

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini