• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kabupaten Mojokerto Bakal Punya Masjid Agung Megah

    Jumat, 08 April 2022, 17:43 WIB Last Updated 2022-04-08T10:43:53Z
    -
    -



    Mojokerto | BNRI NEWS

    Bertempat di belakang dari bangunan masjid lama peninggalan Bupati Mojokerto ke-5,  telah dimulai pembangunan Masjid Agung Darussalam yang terletak  di Desa Gemekan, Kecamatan Sooko  kabupaten Mojokerto, akan  menjadi salah satu ikon baru Kabupaten Mojokerto.

    Masjid Agung Darusallam merupakan pemugaran masjid  lama yang telah berusia 129 tahun ini merupakan peninggalan Bupati Mojokerto, Kromodjojo Adinegoro III atau Raden Ersadan.

    Awalnya peletakan batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan masjid ini dilakukan Raden Ersadan pada 15 Januari 1893 atau 129 tahun silam.
    "Dibangun Bupati Mojokerto ke-5, Kromodjojo Adinegoro tahun 1893. Memakai uang pribadi bupati," kata Bendahara Takmir Masjid Darussalam, Imam Syafii kepada wartawan di lokasi, Jumat (8/4/2022).

    Kontruksi bangunan masjid lama memakai bahan yang berkualitas, terbukti beberapa bagian masjid ini masih dipertahankan seperti aslinya saat dibangun pada zaman kolonial Belanda. 
    Mulai dari 4 pilar utama dari pohon utuh yang menopang sebuah bilik untuk muazin di lantai dua masjid.

    Untuk mencapai tempat mengumandangkan azan tersebut, terdapat tangga kayu berkerangka besi di tengah ruangan utama tempat salat. Bilik di lantai dua berbahan kayu hanya seluas 2x2 meter persegi. Sejak adanya pengeras suara, bilik tersebut tak lagi digunakan.

    Selain itu, mimbar khatib dan tempat wudu juga tetap dipertahankan. Tempat wudu di sebelah selatan masjid ini berbentuk segi enam dengan bak air berbentuk segi delapan. Bedanya, kalau dulu harus menimba dari sumur untuk mengisi bak tersebut, kini sudah menggunakan pompa air elektrik.

    Namun sayang,  masjid bersejarah ini tak lama lagi akan dibongkar total. Karena aktivitas ibadah masyarakat sekitar sudah dipindahkan ke Masjid Agung Darussalam yang baru tepat di belakang masjid lama. Hanya pilar utama masjid lama yang akan dimanfaatkan untuk pendapa di halaman masjid baru.
    "Bangunan lama akan dibongkar semua. Pilar-pilar yang utama akan dipindahkan di depan masjid baru untuk semacam tempat menerima tamu," ujar Imam.

    Masjid Agung Darussalam yang baru memang jauh lebih megah. Meski belum rampung sepenuhnya, tempat ibadah umat muslim ini mempunyai interior yang mewah dengan 2 kubah besar. Masing-masing kubah berhiaskan kaligrafi Asmaul Husna dan lampu gantung yang klasik dan elegan. Lantai masjid ini seluruhnya marmer.

    (Nanang H)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini