• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Lia, Sedekah Bukti Iman dan Ketaatan Manusia Kepada Sang Pencipta

    Selasa, 08 Februari 2022, 15:16 WIB Last Updated 2022-02-08T08:16:20Z
    -
    -


    Klaten | BNRI NEWS

    Setiap umat Islam yang memiliki kelebihan rezeki diperintahkan Allah SWT untuk senantiasa mengeluarkan sedekah, infak, zakat, atau membagi setiap rezekinya kepada orang yang membutuhkan.

    Sedekah atau pemberian seorang kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi waktu dan jumlah tertentu sehingga berbagi ini menjadi salah satu yang sangat disenangi Allah lantaran diberikan secara sukarela. 

    Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan manusia kepada Sang Pencipta. 

    Sedekah itu tidak dapat dipaksakan, tetapi panggilan hati dan jiwa untuk melakukannya dengan ikhlas dan dapat menyenangkan hati orang lain.

    Bahkan, menurut Ketua Relawan Anti Kesel Wonorejo, Karanganyar, Jawa Tengah Mbak Aprilia.

    berbagi, berinfak, bersedekah, atau berzakat menjadi takaran seseorang seberapa jauh kualitas keimanan dan ketakwaannya.

    "Sesungguhnya berbagi itu juga merupakan takaran seorang dalam kadar ketakwaannya, ini termasuk kategori yang bijaksana atau bajik," kata lia kepada bnrinews.online Selasa (08/02/22).

    Kadar ketakwaan seseorang memang bukan hanya dilihat dari cara dia menghadap ke barat atau dalam konteks shalat saja, melainkan melihat pula seberapa jauh seseorang membelanjakan aset atau rezeki yang diberikan Allah untuk dibagikan kepada sanak saudara, lingkungan, dan kerabat yang lain. 

    "Jadi ketakwaan itu bukan hanya dengan Allah, bukan hanya secara vertikal, melainkan juga horizontal kepada sesama," katanya.

    Ia melanjutkan, berbagi bisa dilakukan ke lingkungan terdekat, kerabat, kepada yatim piatu, orang-orang miskin, ibu yang sakit, dijalanan dan sebagainya sehingga penting dilakukan.

    Lia mengingatkan untuk tidak perlu khawatir berbagi ini akan menjadikan seseorang miskin, bahkan sebaliknya Allah akan melipat gandakan ganjaran pahala.

    Hal ini tertuang pada surah Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT menjelaskan pahala dan bagaimana perumpamaan orang-orang yang menafkahkan harta di jalan-Nya. 

    Perumpamaan orang yang mengeluarkan harta di jalan Allah ialah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir yang pada tiap bulirnya berisi 100 biji".

    Dan Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa saja yang dikehendaki. 

    Dan Allah Mahahalus karunia-Nya lagi Mahamengetahui.” (Al-Baqarah 261).

    Eko ariyanto
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini