• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Giat KI DKI Jakarta Edukasi Masyarakat Melek Literasi Digital di Era Keterbukaan Informasi

    Sabtu, 27 November 2021, 05:57 WIB Last Updated 2021-11-26T22:57:33Z
    -
    -


    Jakarta | BNRI NEWS


    Webinar melek literasi digital giat edukasi lembaga non structural, organisasi keagamaan, ormas, dan civitas pendidikan yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta untuk membumikan keterbukaan informasi (KIP), pada Kamis(25/11/2021).


    Era kini, literasi digital menjadi habbit bagi masyarakat dengan penggunaan teknologi layar sentuh. Namun pengelolaan konten digital dan kreativitas mengelolanya perlu bijak dan cakap. Sehingga tidak mudah dipengaruhi dengan informasi hoax, sara, permusuhan dan penipuan. Adanya keterbukaan informasi publik menjadi counter dalam memilah informasi yang efektif, relevan dan bertanggungjawab.


    Hal inilah menjadi perbincangan menarik dalam webinar, literasi bukan hanya sebatas pada kemampuan baca tulis, makna kekinian berkembang sangat luas yang berarti melek teknologi, berpikir kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar.


    H.Nasrullah, ME, Sekretaris Komisi ADPRD DKI Jakarta menyampaikan “Kegiatan melek Literasi Digital di Era KIP,diharapkan masyarakat menjadi melek mata, melek pendengaran dan melek pemikiran berkaitan informasi publik. Masyarakat mengenal dan mengetahui peran Komisi Informasi dan manfaat Keterbukaan Informasi Publik. Wadah menyalurkan aspirasi masyarakat untuk mendapatkan informasi publik secara baik,benar,tepat,dan tidak menyesatkan. Ujarnya.



    “Saya mengajak dan mendorong sahabat keterbukaan informasi publik melalui literasi digital kita bersama membumikan keterbukaan informasi publik yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendorong partisipasi masyarakat”.tambah Ketua KI DKI Jakarta Harry Ara dalam sambutannya.


    Adanya ledakan informasi menuntut kemampuan masyarakat menemukan dan menggunakan informasi secara efektif dan bermanfaat. Hal inilah pentingnya kemampuan literasi informasi menghadapi kemajuan teknologi. Pencari dan pengguna informasi mendapatkan informasi yang relevan melalui keterbukaan informasi publik sebagai pilar terwujudnya transparansi dan pemerintahan yang baik (good governance), “ ,tambah Harry Ara.


    Acara dihadiri sebagai Keynote Speaker dan membuka acara Drs.H.Nasrullah.,ME (Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta), Sambutan Harry Ara Hutabarat,S.H.,M.H (Ketua KI DKI Jakarta), Drs.Ahmad Ya’la.,M.Si (mewakili Ka.Badan Kesbangpol DKI Jakarta). Narasumber Boy Hamidy,S.I.Kom (Praktisi dan pakar konten media digital), Danardono Siradjudin, S.Sos (Pakar Keterbukaan Informasi Publik_FOINI) dalam diskusi webinar literasi digital dengan tema “ Melek Literasi Digital Di Era Keterbukaan Informasi Publik” yang dilaksanakan secara virtual.(R).

    Elin H
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini