• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Inilah Wajah Sendang Sapu Jagat Yang berada di Desa Tambongwetan

    Rabu, 06 Oktober 2021, 13:23 WIB Last Updated 2021-10-06T06:23:36Z
    -
    -



    Klaten | BNRI NEWS

    Tak jauh dari pusat kota tepatnya di Dukuh Genengan, Desa Tambongwetan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten ada sebuah sendang"Yaitu Sendang Sapu Jagat.


    Sendang yang tak pernah kering walaupun musim kemarau ini mempunyai  lebar 6 meter, panjang 50 meter dengan kedalaman 75cm sampai 90cm dan debit air sekitar 0,4.Sendang ini ramai dikunjungi oleh warga sekitar Desa Tambongwetan sebab obyek disekitaran sendang tepat dijadikan salah satu tujuan alternatif warga untuk melepas penat dan usir jenuh yang suasannya sejuk rimbun masih banyak pepohonan, adapula aktivitas warga yang memanfaatkan kejernihan air untuk mandi.

    Ditemui Bnri News Sekdes Desa Tambongwetan Agung Wiyana menjelaskan bentuk sendang menyerupai huruf L makanya orang sekitar sini menyebutnya sendang lanang (mungkin seperti alat kelamin laki-laki).

    Disebelah utara sendang lanang ada sendang yang berbentuk bulat, keduanya dihubungkan dengan terowongan kecil kira-kira berdiameter 30cm.orang sekitar menyebutnya sendang wadon(perempuan) Masyarakat Dukuh Genengan memberi nama sendang ini dengan nama Sendang Sapu Jagat.

    Agung Wiyana menambahkan masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan Sendang Sapu Jagat, ada ringin kembar, Sendang Amat salam, dan makam tua punden berundak juga masih banyak mitos-mitos lainya. Tutupnya


    Alfian Aziz
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini