• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    PMI Simeulue Berkolaborasi dengan Kompilasi Tanam Pohon Mangrove

    Minggu, 19 September 2021, 20:04 WIB Last Updated 2021-09-19T13:04:11Z
    -
    -




    SIMEULUE | BNRI NEWS  

    Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Palang Merah Indonesia yang ke 76 tahun, pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) bersama KSR dan TSR kabupaten Simeulue berkolaborasi dengan Komunitas Peduli Laut Simeulue (Kompilasi) Simeulue melaksanakan penanaman pohon mangrove di pesisir pantai desa Linggi, Minggu (19/9/2021).

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Simeulue Hj. Afridawati melalui Kepala Markas Cabang Syarbaini saat ditemui awak media mengatakan " Alhamdulillah pada hari ini kita dari Pengurus PMI bersama para relawan dan berkolaborasi dengan Kompilasi Simeulue melaksanakan penanaman pohon mangrove."

    Lebih lanjut, Syarbaini , kegiatan ini sebagai bagian dari upaya pemeliharaan lingkungan dan pengurangan resiko bencana wilayah pesisir, hal ini juga merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter sejak dini.

    "Salah satu tujuan giat tanam pohon mangrove ini untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya dipesisir pantai. Hal ini juga masuk dalam tema HUT ke-76 PMI Bergerak Bersama Untuk Sesama," kata Syarbaini

    Syarbaini juga menyampaikan bahwa generasi muda harus peka terhadap permasalahan sosial termasuk lingkungan hidup di sekitarnya. Oleh karena itu, melalui penanaman mangrove akan tumbuh perasaan sosial yang bagus, berbuat sesuatu yang positif, tidak destruktif. Jadi dibalik pola pikirnya, memperbaiki, bukan malah merusak.

    Secara umum manfaat hutan mangrove diantaranya dapat mencegah abrasi pantai, menjadi katalis tanah dari air laut, habitat untuk ikan, dan memberikan dampak ekonomi yang luas bagi masyarakat.

    Sementara itu Ketua Komunitas Peduli Laut Simeulue (Kompilasi) Suhermiadi
    mengatakan, dalam kesempatan kali ini pengurus PMI Simeulue dan Kompilasi Simeulue telah berkolaborasi untuk terselengaranya kegiatan positif ini. Semoga kegiatan ini dapat mengedukasi semua kalangan khususnya bagi masyarakat Simeulue

    Manfaat dari pohon mangrove ini adalah untuk mencegah Erosi dan Abrasi Pantai. Pohon Mangrove memiliki akar yang efisien dan kuat dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat ombak air laut” ujar

    Suhermiadi juga mengucapkan "Selamat HUT PMI ke 76 tahun, Bergerak Bersama Untuk Sesama."


    (Red/Helman)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini