• Jelajahi

    Copyright © BNRI NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    dr Hisbullah Amin: Tumornya Hanyut Operasi Jantung Cito (Darurat) di RS Dr Wahidin Sukses

    Jumat, 17 September 2021, 14:36 WIB Last Updated 2021-09-17T07:36:17Z
    -
    -





    Makassar | BNRI NEWS

    Senin sore kami tim bedah jantung RS Wahidin disibukkan oleh operasi jantung cito. Ups ... maaf saya harus menjelaskan bahwa operasi cito adalah operasi darurat yang tidak direncanakan. Biasanya operasi cito adalah operasi yang tidak bisa ditunda demi menyelamatkan nyawa pasien. Nah saya tambahkan lagi bahwa umumnya operasi jantung seperti bypass coroner, penggantian katup atau penyakit jantung bawaan  adalah operasi elektif yang direncanakan karena pasien butuh persiapan hingga kondisi fisik optimal untuk dioperasi. 

    Operasi jantung apa yg cito kemarin?. Tumornya hanyut !!!. Loh kok hanyut?. Tumor kok hanyut ? Bagaimana ceritanya? Apa seperti batang pisang yang hanyut di sungai atau sampah yang hanyut di gorong2 ?. Iya mirip itu. Bayangkan jika batang pisang atau sampah itu tersangkut di daerah yang sempit, aliran akan terganggu bahkan bisa tersumbat. 
    Kembali ke tumor yg hanyut tadi. Ada jenis tumor yang tumbuh di dalam jantung biasanya tumbuh di daerah katup jantung. Namanya myxoma. Biasanya si myxom seperti  bergantung berayun dan melambai2 mengikuti aliran darah di dalam jantung. 

    Bayangkan jika tumor itu terlepas maka dia akan hanyut dan hinggap di katup yg sempit dan akhirnya menggangu aliran darah dari dan ke bilik jantung. Bila serpihan tumor cukup besar atau lepas sedikit-sedikit sampai menutup seluruh pembuluh darah maka .... silahkan lanjutkan kata2nya. 

    Pada kasus ini myxoma lepas dari katup trikuspid dan nyangkut di Arteri pulmonal sehingga pasien sesak dan kebiruan. Jika aliran darah terhambat ke arteri pulmonal atau ke paru2 maka tidak akan ada darah yg teroksigenasi ke paru. 

    Jadi bisa dibayangkan betapa cito nya operasi ini ... kita berkejaran dgn waktu ... berdoa sambil menyiapkan alat. Sementara operasi jantung bagaimanapun cito nya tetap butuh persiapan seperti menyiapkan darah sekitar 16 kantong, butuh mesin jantung paru, mesin pengganti jantung ketika jantung harus distop karena harus "dibelah" untuk mencari tumor yang hanyut tadi. 

    Alhamdulillah tumor lepas tadi bisa ditemukan dan bisa dievakuasi, jantung bisa ditutup kembali dan seterusnya bisa berdenyut seperti semula, aliran darah kembali lancar. 

    Sayangnya saya lupa merekam live transesofagus echocarfiografi TEE sebelum dan sesudah operasi. 

    Video adalah suasana ketika operasi  berlangsung
    Kenapa kasus ini saya muat di media sosial.? karena kami ingin memberikan informasi bahwa dalam perjalanannya puluhan tahun melayani operasi jantung RS Wahidin siap dan mampu memberikan layanan operasi jantung yang sifatnya segera atau cito. Tim bedah jantung RS Wahidin Insya Allah siap melayani bahkan untuk operasi cito sekalipun. 

    Pengungkapan ini juga bisa menjadi renungan buat saya dan kita semua bahwa betapa lemahnya kita selaku mahluk, banyak sebab yang bisa menyebabkan kita mati mendadak. Tidak ada yg tahu dengan cara bagaimana kita mati, di mana dan kapan kita meninggal kita tidak tahu. Begitu pula bagaimana pun besarnya ancaman kematian tapi kalau belum waktunya meninggal tdk akan terjadi. Tidak akan mundur ataupun maju umur walau sedetik

    Semangat buat teman-teman tim. Pasien selamat kita senang, seru dr Hisbullah Amin, dokter militer ahli Anestesia yang Juga Pengurus Tim Relawan Indonesia ini.

    (Red/SamsulHadi)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini